Program Studi Sarjana
Sejarah berdirinya Program Studi Teknologi Hasil Ternak (PS THT) tidak terlepas dengan awal berdirinya Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (DIPTP) sebagai unit pengelolanya. Departemen IPTP sebelumnya merupakan Jurusan Ilmu Produksi Ternak (IPT) yang lahir bersamaan dengan berdirinya Fakultas Perternakan Institut Pertanian Bogor pada tanggal 1 September 1963. Pendirian Jurusan IPT disahkan dengan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan llmu Pengetahuan (PTIP) No. 92/1963 dan disahkan oleh Presiden Republik Indonesia (berdasarkan Surat Keputusan No. 279/1965). Pada tahun 1975 Fakultas Peternakan IPB mulai membuka program pascasarjana dengan nama Program Studi Ilmu Ternak (PTK) yang menyelenggarakan pendidikan Program Magister dan Program Doktor. Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1986 Jurusan IPT membuka program studi diploma 2 tahun (D2) Teknisi Peternakan dengan tiga bidang studi, yaitu: Teknisi Usaha Ternak Daging (TUTD), Teknisi Usaha Ternak Perah (TUTP) dan Teknisi Usaha Ternak Unggas (TUTU), yang menjadi program diploma 3 tahun (D3) pada tahun 1990. Berkembangnya industri peternakan dan industri pengolahan hasil ternak mendorong Jurusan IPT pada tahun 1994 untuk membuka PS THT. Berdirinya PS THT disahkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rl No: 0311/U/1994. Program Studi THT merupakan pengembangan Program Studi Teknologi Produksi Ternak yang lebih menekankan pada proses penanganan dan pengolahan hasil peternakan dalam skala usaha masyarakat maupun industri, baik berupa pangan maupun nonpangan hasil ternak. Sejak saat itu Program Studi Sarjana yang dikelola oleh Jurusan IPT adalah PS Sarjana Teknologi Produksi Ternak (PS-TPT) dan PS Sarjana Teknologi Hasil Ternak (PS-THT). Nama Jurusan IPT pada tahun 2003 berubah menjadi Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP) berdasarkan SK Rektor No 120/K13/OT/2003. Seiring dengan dinamika perkembangan IPB yang mengalami perubahan status menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN) pada tahun 2005, IPB melakukan efisiensi diantaranya dengan melakukan penataan departemen yang ditetapkan melalui SK Rektor IPB No. 001/K13/PP/2005 dan pemberlakuan kurikulum mayor minor. Setelah melalui evaluasi, saat itu ditetapkan bahwa PS THT harus melebur dengan PS TPT dalam kurikulum mayor minor. Kurikulum mayor minor ini memberikan kompetensi kepada mahasiswa yang mencakup: budidaya ternak, penanganan produk utama, hasil ikutan, limbah, pengolahan dan aspek sosial ekonominya. Implementasi kurikulum Mayor Minor sudah dimulai pada tahun 2006 untuk program sarjana, maka dengan demikian PS THT sejak saat 2006 ditutup. Sejalan dengan tuntutan industri dan peluang kompetensi teknologi hasil ternak yang semakin dibutuhkan oleh industri dan stakeholders lainnya dalam perkembangan daerah dan nasional, bahkan perkembangan ilmu dan teknologi hasil peternakan di tingkat internasional, maka IPB kembali membuka PS Teknologi Hasil Ternak sejak tahun 2016 dengan SK Rektor No. 106/IT3/PP/2016 tanggal 9 Mei 2016. Penerbitan dokumen pendirian PS THT tersebut melalui telaah mulai dari tingkat divisi, departemen, fakultas, senat fakultas, Direktorat pengembangan akademik IPB, kajian strategis oleh wakil rektor IPB, serta telaah akademis oleh senat Akademik. Pembukaan PS THT tersebut dapat dilakukan dengan berdasarkan SK Rektor karena status IPB yang merupakan salah satu perguruan tinggi berbadan hukum yang berhak untuk membuka dan menutup program studi. Selanjutnya IPB mengajukan pendaftaran dan akreditasi minimal ke BAN PT. Pada tahun 2017 PS THT memperoleh akreditasi minimal yang ditetapkan dalam SK No 2429/SK/BAN-PT/Akred-Min/S/VIII/2017. Dalam perjalanan dan perkembangannya dari sejak awal berdiri hingga saat ini DIPTP selalu berlandaskan kepada visi dan misi yang diemban dengan selalu berupaya adaptif terhadap tuntutan dan perkembangan ilmu dan teknologi, serta perubahan-perubahan yang terjadi. Departemen IPTP senantiasa mengembangkan inovasi dan teknologi terbaru melalui kerjasama dengan semua unit, yaitu: divisi dalam lingkungan DIPTP serta bekerjasama dengan departemen dan pusat penelitian yang ada di IPB maupun stakeholders yang ada sehingga mampu berperan dalam upaya membangun peternakan yang berkelanjutan bagi kesejahteraan bangsa dan negara.
Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan sarjana yang kompeten dalam bidang teknologi hasil ternak
Misi1. Menyelenggara-kan dan mengembangkan program pendidikan sarjana dalam bidang teknologi hasil peternakan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi.
2. Menciptakan atmosfir akademik yang mendukung dihasilkannya sarjana peternakan yang kompeten, profesional, dan memiliki jiwa wirausaha dalam bidang teknologi hasil ternak serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
3. Mengembangkan penelitian di bidang ilmu teknologi hasil peternakan dengan memperhatikan keamanan pangan asal ternak, kelestarian lingkungan, yang mampu dipublikasikan pada tingkat nasional maupun internasional.
4. Mengembangkan pengabdian pada masyarakat dalam bidang teknologi hasil peternakan pada level daerah dan nasional.
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | THT1215 | Prinsip Teknologi Hasil Ternak | 3(2-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
2 | THT1216 | Diversitas Mikroba Produk Ternak | 3(2-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
3 | THT1217 | Gizi dan Pangan Fungsional Hasil Ternak | 3(2-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
4 | THT1218 | Biosintesis dan Karakteristik Hasil Ternak | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
5 | THT121A | Desain Produksi Ternak Monogastrik dan Satwa Harapan | 3(2-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
6 | THT121B | Desain Produksi Ternak Ruminansia | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
7 | THT121C | Omics I | 3(2-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
8 | THT1221 | Inovasi Teknologi Susu | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
9 | IPB1106 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
10 | THT1222 | Inovasi Teknologi Daging | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
11 | THT1223 | Inovasi Teknologi Produk Unggas | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
12 | THT1231 | Pengendalian Limbah Ternak | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
13 | THT1301 | Metode Penelitian Hasil Ternak | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
14 | THT1321 | Inovasi Teknologi Madu Tropika | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
15 | THT1331 | Inovasi Teknologi Hasil Ikutan Ternak | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
16 | THT1332 | Biokonversi Limbah Peternakan | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
17 | FPT1402 | Logistik Peternakan | 3(2-1) | - | 6 | Foundational Literacies |
18 | THT1333 | Inovasi Teknologi Wol & Kulit | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
19 | THT1334 | Inovasi Teknologi Pengolahan Serat Ulat Sutera | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
20 | THT1311 | Omics Hasil Ternak II | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
21 | THT1341 | Etika Bisnis Peternakan | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
22 | THT1342 | Inovasi dan Komersialisasi Hasil Ternak | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
23 | THT1312 | Produk Ternak Masa Depan | 2(2-0) | - | 6 | In-depth Courses |
24 | THT1343 | Pengolahan Cerdas Hasil Ternak | 2(2-0) | - | 6 | In-depth Courses |
25 | THT1498 | Seminar | 1(0-1) | - | 7 | Final Year Project |
26 | THT1499 | Skripsi | 6(0-6) | - | 7 | Final Year Project |
27 | THT1441 | Promosi dan Kampanye Hasil Ternak | 3(0-3) | - | 7 | Capstone |
28 | THT1442 | Proyek mini Hasil Ternak (entrepreneurial experience) | 4(0-4) | - | 7 | Capstone |
29 | THT1497 | Praktek Lapang | 3(0-3) | - | 8 | Final Year Project |
30 | FIS1104 | Fisika Sains Teknologi | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
31 | MAT1102 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
32 | EKO1101 | Ekonomi | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
33 | KPM1131 | Sosiologi | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
34 | BIO1102 | Biologi Dasar | 3(2-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
35 | KIM1104 | Kimia Sains dan Teknologi | 3(2-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
36 | STA1111 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
37 | FPT1101 | Peternakan Inovatif | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
38 | IPB110A | Agama Islam | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
39 | IPB1101 | Agama Kristen | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
40 | IPB1102 | Agama Katolik | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
41 | IPB1103 | Agama Hindu | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
42 | IPB1104 | Agama Buddha | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
43 | IPB110B | Agama Khonghucu | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
44 | IPB110H | Kepercayaan | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
45 | KOM1102 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
46 | IPB110D | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
47 | IPB110E | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
48 | IPB110F | Bahasa Inggris | 2(1-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
49 | IPB400 | Kuliah Kerja Nyata Tematik | 4(1-3) | - | 7 | Final Year Project |
50 | IPB110G | Olahraga/Seni | 1(0-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
51 | IPB110C | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
1. Mampu menjelaskan dan memahami pengetahuan dasar ilmu peternakan
2. Mampu menjelaskan karakteristik bahan pangan hasil ternak serta inovasi teknologi penanganan dan pengolahannya yang aman, berkualitas dan mempunyai nilai tambah
3. Mampu menguasai/menjelaskan inovasi teknologi penanganan dan pengolahan hasil ternak non pangan termasuk hasil ikutan ternak dan limbah peternakan
4. Mampu menerapkan dan membangun inovasi teknologi penanganan, pengolahan termasuk kontrol kualitas produk pangan hasil ternak
5. Mampu menerapkan teknologi pengelolaan, pengolahan dan membangun inovasi serta melakukan kontrol kualitas produk hasil ternak non pangan termasuk hasil ikutan ternak limbah peternakan
6. Mampu mendesain dan mengembangkan usaha produk hasil ternak
7. Mampu memecahkan masalah berdasarkan data dan informasi
8. Mampu memimpin, mengelola dan bekerja sama dalam tim serta bekerja profesional, mandiri, kritis, analitis, kreatif dan inovatif
9. Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dan menerapkan norma dan etika
10. Mampu memanfaatkan sumber informasi untuk pengembangan potensi diri serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Belum ada data