Program Studi Sarjana
Departemen ESL merupakan departemen pertama di Indonesia yang mempelajari pengolahan sumberdaya dan lingkungan dari perspektif teori ekonomi serta mengkaji dampaknya terhadap masyarakat secara keseluruhan, baik sebagai pelaku maupun penerima dampak. Terdapat tiga bidang keilmuan yang dikembangkan yaitu Ekonomi Pertanian, Ekonomi Sumberdaya, dan Ekonomi Lingkungan.
Menjadi Departemen unggulan bertaraf internasional dalam pengembangan ilmu ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan tropika yang mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan
Misi1.Menyelenggarakan pendidikan tinggi multistrata untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang ilmu ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan yang berkelanjutan serta mampu bersaing pada taraf internasional
2.Mengembangkan ilmu ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan melalui aktivitas pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
3.Memberikan pandangan-pandangan kritis dan solusi alternatif terhadap permasalahan-permasalahan pembangunan pertanian, sumberdaya, dan lingkungan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | KIM1100 | Kimia Umum | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
2 | FIS103 | Fisika Umum | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
3 | BIO1101 | Biologi Umum | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
4 | EKO1102 | Ekonomi Dasar | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
5 | IPB110C | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
6 | MAT1104 | Kalkulus 1 | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
7 | IPB110A | Agama Islam | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
8 | IPB110G | Olahraga/Seni | 1(0-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
9 | MAT1102 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
10 | STA1111 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
11 | KOM1102 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
12 | KPM1131 | Sosiologi | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
13 | IPB110E | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
14 | IPB1106 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
15 | IPB110F | Bahasa Inggris | 2(1-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
16 | EKO1203 | Teori Makroekonomi I | 3(2-1) | EKO1102 - Ekonomi Dasar - 3(2-1) | 3 | Foundational Literacies |
17 | EKO1201 | Teori Mikroekonomi I | 3(2-1) | EKO1102 - Ekonomi Dasar - 3(2-1) | 3 | Foundational Literacies |
18 | ESL123B | Metode Statistika untuk Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya | 3(2-1) | - | 3 | Foundational Literacies |
19 | EKO1202 | Matematika Ekonomi | 3(2-1) | MAT102 - Matematika dan Berpikir Logis - 3(2-1) | 3 | Foundational Literacies |
20 | ESL121A | Ekonomi Pertanian dan Pangan | 3(3-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
21 | ESL122A | Ekonomi Sumberdaya | 3(3-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
22 | ESL123A | Ekonomi Lingkungan | 3(3-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
23 | ESL122B | Ekonomi Terapan untuk Pertanian dan Sumberdaya | 3(2-1) | - | 4 | Foundational Literacies |
24 | ESL122C | Ekonometrika Dasar untuk Pertanian dan Sumberdaya | 3(2-1) | - | 4 | Foundational Literacies |
25 | ESL123D | Ekonomi Wisata dan Digital Nomad | 3(2-1) | - | 4 | Foundational Literacies |
26 | ESL121B | Ekonomi Produksi | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
27 | ESL123C | Valuasi Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
28 | ESL122D | Ekonomi Sumberdaya II | 4(3-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
29 | ESL131C | Teori Harga Pertanian | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
30 | ESL131D | Perdagangan Pertanian | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
31 | ESL133G | Perubahan Iklim dan Bencana | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
32 | ESL132F | Ekonometrika Terapan untuk Pertanian dan Sumberdaya | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
33 | ESL131E | Analisis Biaya dan Manfaat | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
34 | ESL133E | Penilaian Ekonomi Kerusakan Sumberdaya Alam dan Lingkungan | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
35 | ESL132E | Permodelan Pertanian dan Sumberdaya | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
36 | ESL139B | Pembangunan Pertanian, Sumberdaya dan Lingkungan Berkelanjutan | 3(3-0) | - | 6 | Capstone |
37 | IPB10D | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
38 | ESL131F | Pemasaran dan Analisis Pasar | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
39 | ESL131G | Kebijakan Pertanian dan Pangan | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
40 | ESL132G | Ekonomi Politik Sumberdaya | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
41 | ESL132H | Ekonomi Energi | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
42 | ESL133F | Ekonomi Pembangunan Berkelanjutan | 3(3-0) | - | 5 | In-depth Courses |
43 | ESL139A | Metodologi Penelitian | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
44 | IPB1400 | Kuliah Kerja Nyata Tematik | 4(1-3) | - | 7 | Final Year Project |
45 | ESL149C | Management of Sustainability | 3(0-3) | - | 7 | Capstone |
46 | ESL149E | Kolokium | 1(0-1) | - | 8 | Final Year Project |
47 | ESL149F | Seminar | 1(0-1) | - | 8 | Final Year Project |
48 | ESL149G | Skripsi | 6(0-6) | - | 8 | Final Year Project |
49 | ESL149D | Sustainability Project Experiences | 3(0-3) | - | 7 | Capstone |
50 | IPB301 | Summer Course | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
51 | IPB20F | Keberagaman & Multibudaya | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
52 | IPB202 | Konferensi Nasional | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
53 | IPB302 | Konferensi Internasional | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
54 | IPB303 | Pengembangan Profesi | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
55 | IPB205 | Pembelajaran Emosi & Sosial | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
56 | IPB203 | Pengembangan Talenta | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
57 | IPB305 | Pengembangan Masyarakat | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
58 | IPB306 | Kewirausahaan Sosial | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
59 | IPB20C | Berpikir Kritis dan Kreatif | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
60 | IPB20A | Pemecahan Masalah Kompleks | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
61 | IPB309 | Inovasi dan Pemikiran Desain | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
62 | IPB307 | Kewirausahaan | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
63 | IPB20D | Strategi Negosiasi | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
64 | IPB308 | Kepemimpinan Inklusif & Inovatif | 3(0-3) | - | 34567 | Enrichment Program |
65 | IPB206 | Komunikasi dan Kerjasama Tim | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
66 | IPB204 | Manajemen Even | 2(0-2) | - | 34567 | Enrichment Program |
1. Sikap
1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2. Keterampilan Umum
1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
4) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
10) Mampu menggunakan Internet of Things untuk kegiatan pembelajaran dan penyelesaian pekerjaan .
3. Pengetahuan
1) Menguasai konsep ilmu ekonomi dalam bidang pertanian, sumberdaya, dan lingkungan.
2) Menguasai konsep ilmu pengetahuan alam dan sosial ekonomi dalam bidang pertanian, sumberdaya dan lingkungan .
3) Memiliki pengetahuan aspek teknis dalam bidang pertanian, sumberdaya dan lingkungan .
4) Menguasai pengetahuan tentang metode analisis bidang ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan .
4. Keterampilan Khusus
1) Mampu menginterpretasikan pengelolaan pertanian, sumberdaya, dan lingkungan yang berkelanjutan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara tepat dalam sektor publik
2) Mampu menyelesaikan masalah di bidang ekonomi pertanian, sumberdaya dan lingkungan secara komprehensif untuk pengembangan ketiga bidang di masa yang akan dating
3) Mampu mengkaji karakteristik sumberdaya alam terbarukan dan tidak terbarukan yang menunjang keberlangsungan ekosistem secara tepat
4) Mampu memecahkan masalah ekonomi melalui pendekatan optimalisasi secara efektif dan efisien dalam sektor pertanian dan sumberdaya
5) Menerapkan berbagai teori efisiensi ekonomi dalam mendukung aktivitas entrepreneurship secara komprehensif di bidang usaha
6) Menerapkan berbagai konsep pemasaran dan perdagangan dalam mendukung pengembangan bidang pertanian, sumberdaya dan lingkungan secara global
7) Mampu menghitung ekstraksi sumberdaya lama terbarukan dan tidak terbarukan secara berkelanjutan berdasarkan parameter ekonomi, sosial dan kelembagaan
8) Mampu menerapkan perhitungan ekonomi sumberdaya dan lingkungan dengan menggunakan Teknik valuasi ekonomi yang tepat dan sistematis dalam bidang pertanian, sumberdaya dan lingkungan
9) Mampu menganalisis berbagai kebijakan pembangunan pertanian berkelanjutan secara komprehensif
10) Mampu menganalisis kelayakan projek pertanian, sumberdaya dan lingkungan melelui pendekatan analisis ekonomi secara komprehensif
11) Mampu menganalisis nilai ekonomi kerusakan menggunakan pendekatan ekonomi dengan tepat dan sistematis dalam bidang sumberdaya dan lingkungan
12) Membuat desain pemodelan matematis sederhana dalam pengelolaan pertanian, sumberdaya alam, dan lingkungan yang sistematis dan dinamis
13) Menyelesaikan masalah kelembagaan pengelolaan pertanian, sumberdaya dan lingkungan dengan pendekatan ekonomi kelembagaan yang efisien
Departemen ESL yang memiliki mandat dalam pengembangan ilmu ekonomi pertanian (pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan) dan ekonomi sumberdaya alam serta lingkungan hidup