Program Studi Sarjana
Departemen SKPM IPB dibentuk untuk pengembangan keilmuan yang mampu ”mengintegrasikan” sejumlah orang dari kelompok Ilmu-Ilmu Sosial dengan latar belakang cabang ilmu yang berbeda dan dengan ”membawa” beberapa aktivitas pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat dari departemen yang sebelumnya ada.
Departemen SKPM IPB dibentuk berdasarkan keragaman personal dan aktivitas yang berbeda sehingga pada tahap awal pembentukan departemen ini secara filosofis ”ditopang” oleh mazhab keilmuan yang beragam. Dalam departemen ini dibangun suatu proses komunikasi antar orang, keilmuan, dan antar-mazhab (paradigma) keilmuan untuk membentuk dan membangun suatu departemen dengan landasan filosofis yang tegas dan berwatak.
Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) IPB termasuk dalam program studi sarjana dengan peminat terbanyak di IPB, yakni menduduki peringkat kelima. Departemen SKPM IPB juga sudah terakreditasi A dari BAN PT serta terakreditasi internasional dari AUN QA.
Menjadi departemen yang unggul dan bertaraf internasional dalam (pendidikan) dan pengembangan IPTEKS (ilmu pengetahuan, teknologi dan seni) di bidang komunikasi pengembangan masyarakat dan menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi serta IPTEKS bagi pengembangan masyarakat pertanian tropika pada khususnya.
Misi1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas (memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap) yang dinamis menurut perubahan jaman dan ketentuan yang berlaku/ Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
2. Mengembangkan riset-riset yang mutakhir di bidang ilmu-ilmu komunikasi dan penyuluhan, kependudukan, agraria dan ekologi manusia, serta sosiologi, antropologi, psikologi sosial dan pengembangan masyarakat (konsep teoritis bagian khusus dalam bidang penyuluhan, komunikasi pembangunan, ekologi politik, sosiologi pedesaan) yang bermanfaat bagi stakeholders;
3. Mendorong dan mewujudkan pengabdian pada masyarakat melalui program pengembangan masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai pihak;
4. Melaksanakan misi pemberdayaan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik secara partisipatif sesuai bidang keahlian dengan dedikasi untuk kesejahteraan bangsa Indonesia;
5. Membina kerjasama kemitraan dengan asas manfaat bersama dengan berbagai instansi baik swasta, pemerintah, dalam negeri, maupun luar negeri di bidang Tridharma Perguruan Tinggi;
6. Mewujudkan masyarakat yang berkedaulatan, komunikatif, adaptif terhadap lingkungan dan berkeswadayaan tinggi serta menghormati berbagai perbedaan pandangan, suku, ras, agama, dan gender dalam membangun pertanian dan pedesaan; dan
7. Mewujudkan paradigma pembangunan yang mensejahterakan stakeholders menuju masyarakat madani dan menjamin tercapainya keadilan serta keberlanjutan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | KPM1131 | Sosiologi | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
2 | BIO1101 | Biologi Umum | 2(2-0) | - | 1 | PPKU |
3 | EKO1102 | Ekonomi Dasar | 3(2-1) | - | 1 | PPKU |
4 | FIS1105 | Fisika Sains Sosial | 2(2-0) | - | 1 | PPKU |
5 | IPB110C | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | - | 1 | PPKU |
6 | IPB110F | Bahasa Inggris | 2(1-1) | - | 1 | PPKU |
7 | IPB110G | Olahraga/Seni | 1(0-1) | - | 1 | PPKU |
8 | MAT1102 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | - | 1 | PPKU |
9 | STA1111 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | - | 1 | PPKU |
10 | FMA1101 | Pembangunan Manusia dan Sumber Daya Alam | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
11 | IPB1106 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | - | 2 | PPKU |
12 | IPB110A | Agama Islam | 3(2-1) | - | 2 | PPKU |
13 | IPB1101 | Agama Kristen | 3(2-1) | - | 2 | PPKU |
14 | IPB1102 | Agama Katolik | 3(2-1) | - | 2 | PPKU |
15 | IPB1103 | Agama Hindu | 3(2-1) | - | 2 | PPKU |
16 | IPB1104 | Agama Buddha | 3(2-1) | - | 2 | PPKU |
17 | IPB110B | Agama Khonghucu | 3(2-1) | - | 2 | PPKU |
18 | IPB110D | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | - | 2 | PPKU |
19 | IPB110E | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | - | 2 | PPKU |
20 | KIM1100 | Kimia Umum | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
21 | KOM1102 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
22 | KPM1201 | Berfikir dan Menulis Ilmiah | 3(2-1) | IPB1106 - Bahasa Indonesia - 2(1-1) | 3 | Academic Core Courses |
23 | KPM121B | Komunikasi Pembangunan | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 3 | Academic Core Courses |
24 | KPM121C | Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Inovasi | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 3 | Academic Core Courses |
25 | KPM1227 | Kependudukan dan Pembangunan | 3(2-1) | EKO1102 - Ekonomi Dasar - 3(2-1) | 3 | Academic Core Courses |
26 | KPM1227 | Kependudukan dan Pembangunan | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 3 | Academic Core Courses |
27 | KPM1228 | Ekologi Manusia | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 3 | Academic Core Courses |
28 | KPM1237 | Sosiologi Pedesaan | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 3 | Academic Core Courses |
29 | KPM1238 | Pengembangan Masyarakat | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 3 | Academic Core Courses |
30 | KPM1239 | Antropologi Sosial | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 4 | Academic Core Courses |
31 | KPM1229 | Kajian Agraria | 3(2-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 4 | Academic Core Courses |
32 | KPM123A | Psikologi Sosial | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
33 | KPM121D | Pendidikan Orang Dewasa dan Manajemen Pelatihan | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
34 | KPM1308 | Gender dan Pembangunan | 2(1-1) | - | 5 | Academic Core Courses |
35 | KPM133B | Kelembagaan, Organisasi dan Kepemimpinan | 2(1-1) | - | 5 | Academic Core Courses |
36 | KPM1309 | Metodologi Penelitian Sosial | 3(2-1) | KPM1201 - Berfikir dan Menulis Ilmiah - 3(2-1) | 5 | In-depth Courses |
37 | KPM130A | Perubahan Sosial | 2(1-1) | - | 5 | Academic Core Courses |
38 | KPM130B | Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan Sosial | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
39 | KPM130D | Teknik-Teknik Partisipatoris | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
40 | KPM130E | Sosio Ekosistem Digital | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
41 | KPM1406 | Manajemen Komunikasi Antar Budaya | 2(1-1) | - | 7 | Academic Core Courses |
42 | KPM130C | Metode Penelitian Kualitatif | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
43 | KPM130F | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pemberdayaan Masyarakat | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
44 | KPM1407 | Perencanaan dan Evaluasi Program Partisipatif | 3(1-2) | - | 7 | Academic Core Courses |
45 | KPM121E | Dinamika dan Komunikasi Kelompok | 2(1-1) | - | 4 | In-depth Courses |
46 | KPM121F | Jurnalistik Pembangunan | 2(1-1) | - | 4 | In-depth Courses |
47 | KPM122A | Ekologi Pedesaan dan Pertanian | 2(1-1) | KPM1228 - Ekologi Manusia - 3(2-1) | 4 | In-depth Courses |
48 | KPM122B | Tata Kelola Sumberdaya Alam | 2(1-1) | - | 4 | In-depth Courses |
49 | KPM123B | Teori - Teori Sosiologi dalam Praktek Pengembangan Masyarakat | 2(1-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 4 | In-depth Courses |
50 | KPM123C | Kapital dan Investasi Sosial | 2(1-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 4 | In-depth Courses |
51 | KPM123C | Kapital dan Investasi Sosial | 2(1-1) | KPM1238 - Pengembangan Masyarakat - 3(2-1) | 4 | In-depth Courses |
52 | KPM133C | Masyarakat dan Teknologi | 2(1-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 5 | In-depth Courses |
53 | KPM133C | Masyarakat dan Teknologi | 2(1-1) | KPM1238 - Pengembangan Masyarakat - 3(2-1) | 5 | In-depth Courses |
54 | KPM133D | Kelembagaan Ekonomi Pedesaan | 2(1-1) | - | 5 | In-depth Courses |
55 | KPM131A | Komunikasi Perubahan Perilaku dan Perubahan Sosial | 2(1-1) | KPM121B - Komunikasi Pembangunan - 3(2-1) | 6 | In-depth Courses |
56 | KPM131B | Teknologi Komunikasi dan Penyuluhan | 2(1-1) | KPM121B - Komunikasi Pembangunan - 3(2-1) | 6 | In-depth Courses |
57 | KPM132B | Tata Kelola Lingkungan Hidup | 2(1-1) | KPM1228 - Ekologi Manusia - 3(2-1) | 6 | In-depth Courses |
58 | KPM132C | Sumberdaya Alam, Keadilan dan Perdamaian | 2(1-1) | - | 6 | In-depth Courses |
59 | KPM133E | Resiliensi Komunitas | 2(1-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 6 | In-depth Courses |
60 | KPM133E | Resiliensi Komunitas | 2(1-1) | KPM1238 - Pengembangan Masyarakat - 3(2-1) | 6 | In-depth Courses |
61 | KPM133F | Politik Pertanian dan Pembangunan Pedesaan | 2(1-1) | KPM1131 - Sosiologi - 2(2-0) | 6 | In-depth Courses |
62 | KPM133F | Politik Pertanian dan Pembangunan Pedesaan | 2(1-1) | KPM1238 - Pengembangan Masyarakat - 3(2-1) | 6 | In-depth Courses |
63 | KPM1408 | Ko Kreasi 1 | 3(1-2) | - | 7 | Capstone |
64 | KPM1409 | Ko Kreasi 2 | 5(1-4) | - | 7 | Capstone |
65 | KPM1403 | Studi Pustaka | 3(2-1) | KPM1309 - Metodologi Penelitian Sosial - 3(2-1) | 7 | Final Year Project |
66 | KPM1497 | Kolokium | 1(0-1) | KPM1403 - Studi Pustaka - 3(2-1) | 7 | Final Year Project |
67 | IPB400 | Kuliah Kerja Nyata Tematik | 4(1-3) | - | 6 | Final Year Project |
68 | KPM1499 | Skripsi | 6(0-6) | - | 8 | Final Year Project |
69 | IPB20D | Strategi Negosiasi | 2(0-2) | - | 7 | Enrichment Program |
1. Mampu mengaplikasikan teori-teori/konsep sosiologi, psikologi sosial, pengembangan masyarakat, komunikasi, penyuluhan, kependudukan, kajian agraria, antropologi, dan ekologi manusia agar dapat berperan sebagai akademisi/peneliti/praktisi/penyuluh dan pendamping dalam bidang (a) Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan, (b) Pengembangan Masyarakat atau (c) Tatakelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
2. Mampu merancang, melaksanakan dan memonitor serta mengevaluasi program- program komunikasi/penyuluhan, pengembangan masyarakat, penatakelolaan sumber daya alam dan lingkungan berbasis ekosistem digital pada berbagai aras dalam kapasitas sebagai akademisi/peneliti/praktisi/penyuluh dan pendamping dalam bidang (a) Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan, (b) Pengembangan Masyarakat atau (c) Tatakelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan.
3. Mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan analisis informasi dan data dengan berbagai pendekatan serta mampu memfasilitasi masyarakat dalam memilih berbagai alternatif metode dan teknik berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk pendidikan, penelitian, penyuluhan, pendampingan, dalam bidang komunikasi dan penyuluhan pembangunan, pengembangan masyarakat, atau penatakelolaan sumber daya alam dan lingkungan.
4. Memiliki sikap jujur, kritis, kepemimpinan, empati, resilien, sensitif gender, komunikatif, keberpihakan pada kelompok marjinal, kerjasama dan berjejaring, adil dan setara, kreatif - inovatif, etis, partisipatif, dan berwirausaha sosial yang bertanggung jawab atas proses dan hasil kerja mandiri terhadap kelompok, organisasi, dan komunitas di tempat bekerja, serta pemangku kepentingan lainnya
“Pengembangan ilmu sosiologi, antropologi, politik, komunikasi, ekologi manusia, pendidikan, penyuluhan dan pengembangan masyarakat untuk mendorong pemberdayaan masyarakat (pertanian, peternakan, kehutanan, serta perikanan dan pesisir)”