Program Studi
Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran IPB menyusun kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) dengan pendekatan student-centered, yang mengacu pada SKDI, SN-Dikti, dan KKNI. Kurikulum dirancang menggunakan konsep spiral, sehingga mahasiswa mempelajari materi secara berulang dengan tingkat kedalaman yang semakin meningkat serta mengintegrasikan ilmu dasar dan klinis sejak awal studi. Selain itu, diterapkan kerangka SPICES (Student-centered, Problem-based, Integrated, Community-based, Electives, Systematic) yang menekankan keterpaduan vertikal dan horizontal, pemanfaatan metode inovatif, serta penguatan kompetensi pengetahuan, keterampilan klinis, komunikasi, kolaborasi, dan profesionalisme. Kurikulum ini juga mengintegrasikan ilmu humaniora secara longitudinal mulai dari tahap preklinik hingga fase klinik melalui Longitudinal Integrated Clerkship (LIC) untuk menumbuhkan empati, kepekaan sosial, nilai moral, etika, spiritualitas, dan keterampilan komunikasi interpersonal. Dengan demikian, lulusan yang dihasilkan adalah dokter yang kompeten, profesional, sekaligus humanis.
Menjadi Program Studi Pendidikan Dokter terkemuka di tingkat nasional berbasis komunitas
dengan keunggulan kedokteran herbal
1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi dokter layanan primer melalui
proses terstandar untuk menghasilkan lulusan dokter yang profesional, kompeten,
beretika, serta memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan dengan keunggulan
kedokteran herbal
2. Melaksanakan riset dan inovasi yang berdampak nyata pada peningkatan taraf kesehatan
masyarakat yang berkelanjutan melalui riset biomolekuler, klinis aplikatif, berbasis
komunitas dengan keunggulan kedokteran herbal
3. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui kolaborasi Academic Health System (AHS)
khususnya di wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi untuk meningkatkan derajat
kesehatan masyarakat
4. Melaksanakan kegiatan kemitraan di bidang kedokteran dengan berbagai pemangku
kepentingan untuk mendukung keberhasilan Tri Dharma perguruan tinggi
| No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
|---|---|---|---|---|---|---|
| Kode | Nama | |||||
| 1 | LSD1111 | Ilmu Kedokteran Dasar | 5(4-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
| 2 | LSD1122 | Keterampilan Klinis Dasar 1 | 2(0-2) | - | 2 | Foundational Literacies |
| 3 | LSD1112 | Sel dan Genetika | 2(1-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
| 4 | LSD1113 | Sistem Hemato Onko Imunologi | 6(5-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
| 5 | LSD1211 | Prinsip Kedokteran Herbal | 2(2-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 6 | LSD1224 | Keterampilan Klinis Dasar 2 | 2(0-2) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 7 | LSD1222 | Sistem Kardiovaskular | 6(5-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 8 | LSD1223 | Sistem Respirasi | 6(5-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 9 | LSD1321 | Siklus Kehidupan | 6(5-1) | - | 5 | In-depth Courses |
| 10 | LSD1228 | Keterampilan Klinis Dasar 3 | 2(0-2) | - | 4 | Academic Core Courses |
| 11 | LSD1322 | Neuropsikiatri | 6(5-1) | - | 5 | In-depth Courses |
| 12 | LSD1323 | Sistem Indera | 6(5-1) | - | 5 | In-depth Courses |
| 13 | LSD1225 | Sistem Gastrointestinal | 6(5-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
| 14 | LSD1324 | Keterampilan Klinis Dasar 4 | 2(0-2) | - | 5 | In-depth Courses |
| 15 | LSD1226 | Ginjal dan Saluran Kemih | 6(5-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
| 16 | LSD1333 | Metodologi Penelitian Kesehatan | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
| 17 | LSD1227 | Sistem Reproduksi | 6(5-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
| 18 | LSD1121 | Kulit dan Muskuloskeletal | 6(5-1) | - | 2 | Foundational Literacies |
| 19 | LSD1332 | Infeksi Tropis | 6(5-1) | - | 6 | In-depth Courses |
| 20 | LSD1334 | Kesehatan Masyarakat | 4(3-1) | - | 6 | In-depth Courses |
| 21 | LSD1402 | Skripsi | 6(0-6) | - | 7 | Final Year Project |
| 22 | LSD1401 | Seminar | 1(0-1) | - | 7 | Final Year Project |
| 23 | LSD1221 | Endokrin Metabolik | 6(5-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 24 | LSD1335 | Medical entrepreneurship: Telemedicine | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
| 25 | LSD1336 | Medical entrepreneurship: Edukasi berbasis Media Digital | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
| 26 | LSD1416 | Kedokteran Dasar | 3(2-1) | - | 7 | Academic Core Courses |
| 27 | LSD142A | Kedokteran Klinis | 3(2-1) | - | 7 | Academic Core Courses |
| 28 | LSD1437 | Kedokteran Komunitas | 3(2-1) | - | 7 | Academic Core Courses |
| 29 | LSD1428 | Pengantar Praktik Klinis Non Operatif | 4(1-3) | - | 8 | Capstone |
| 30 | LSD1429 | Pengantar Praktik Klinis Operatif | 4(1-3) | - | 8 | Capstone |
| 31 | LSD1417 | Proyek Herbal | 3(0-3) | - | 8 | Capstone |
| 32 | LSD2111 | Ilmu Kedokteran Dasar | 5(4-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
| 33 | LSD2112 | Sistem Hemato Onko Imunologi | 6(5-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
| 34 | LSD2113 | Kulit dan Muskuloskeletal | 6(5-1) | - | 2 | Foundational Literacies |
| 35 | LSD2215 | Prinsip kedokteran Herbal | 2(2-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 36 | LSD2221 | Sistem Kardiovaskular | 6(5-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 37 | LSD2222 | Sistem Respirasi | 6(5-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 38 | LSD2214 | Endokrin Metabolik | 6(5-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
| 39 | LSD2223 | Sistem Gastrointestinal | 6(5-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
| 40 | LSD2224 | Ginjal dan Saluran Kemih | 6(5-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
| 41 | LSD2225 | Sistem Reproduksi | 6(5-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
| 42 | LSD2326 | Neuropsikiatri | 6(5-1) | - | 5 | In-depth Courses |
| 43 | LSD2327 | Sistem Indera | 6(5-1) | - | 5 | In-depth Courses |
| 44 | LSD2331 | Siklus Kehidupan | 6(5-1) | - | 5 | In-depth Courses |
| 45 | LSD2332 | Infeksi Tropis | 6(5-1) | - | 6 | In-depth Courses |
| 46 | LSD2333 | Metodologi Penelitian Kesehatan | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
| 47 | LSD2334 | Kesehatan Masyarakat | 4(3-1) | - | 6 | In-depth Courses |
| 48 | LSD2335 | Medical entrepreneurship: Telemedicine | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
| 49 | LSD2336 | Medical entrepreneurship: Edukasi berbasis Media Digital | 2(1-1) | - | 6 | Academic Core Courses |
| 50 | LSD2401 | Seminar | 1(0-1) | - | 7 | Final Year Project |
| 51 | LSD2402 | Skripsi | 6(0-6) | - | 7 | Final Year Project |
| 52 | LSD2416 | Kedokteran Dasar | 3(2-1) | - | 7 | Academic Core Courses |
| 53 | LSD242A | Kedokteran Klinis | 3(2-1) | - | 7 | Academic Core Courses |
| 54 | LSD2437 | Kedokteran Komunitas | 3(2-1) | - | 7 | Academic Core Courses |
| 55 | IPB1400 | Kuliah Kerja Nyata Tematik | 4(1-3) | - | 7 | Capstone |
| 56 | LSD2417 | Proyek Herbal | 3(0-3) | - | 8 | Capstone |
| 57 | LSD2428 | Pengantar Praktik Klinis Non Operatif (Pengantar Praktik Klinis Terintegrasi) | 4(1-3) | - | 8 | Capstone |
| 58 | LSD2429 | Pengantar Praktik Klinis Operatif (Pengantar Praktik Bedah Terintegrasi) | 4(1-3) | - | 8 | Capstone |
| 59 | KEB2329 | Kecerdasan Buatan untuk Pelayanan Kesehatan | 3(2-1) | - | 8 | Enrichment Program |
| 60 | IPB203 | Pengembangan Talenta | 2(0-2) | - | 7 | Enrichment Program |
| 61 | IPB301 | Summer Course | 3(0-3) | - | 7 | Enrichment Program |
| 62 | IPB207 | Kepemimpinan Inklusif | 2(0-2) | - | 6 | Enrichment Program |
| 63 | IPB209 | Pengambilan Keputusan Efektif | 2(0-2) | - | 8 | Enrichment Program |
| 64 | IPB205 | Pembelajaran Emosi & Sosial | 2(0-2) | - | 6 | Enrichment Program |
| 65 | IPB110I | Healthy Lifestyle | 1(0-1) | - | 4 | Enrichment Program |
| 66 | IPB210D | Pendidikan Pancasila | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 67 | IPB210E | Pendidikan Kewarganegaraan | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 68 | IPB10G | Olahraga | 1(0-1) | - | 3 | Enrichment Program |
| 69 | IPB2106 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 70 | IPB210C | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 71 | KOM2102 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 72 | MAT2111 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 73 | IPB210F | Bahasa Inggris | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 74 | STA2111 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
| 75 | IPB210A | Agama Islam | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 76 | IPB2101 | Agama Kristen | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 77 | IPB2102 | Agama Katolik | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 78 | IPB2104 | Agama Buddha | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 79 | IPB210B | Agama Khonghucu | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 80 | IPB2103 | Agama Hindu | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 81 | IPB210H | Kepercayaan | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
| 82 | EKO210T | Ekonomi | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
1. Menerapkan praktik kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan
an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, sosial budaya dan agama dalam konteks lokal, regional
dan global dalam mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat
2. Menerapkan praktik kedokteran dengan menyadari keterbatasan, mengatasi masalah personal, dan meningkatkan pengetahuan secara berkesinambungan, serta menghasilkan karya inovatif dalam rangka menyelesaikan masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat demi keselamatan pasien
3. Menerapkan komunikasi secara efektif dan berempati pada pasien dan masyarakat dengan memperhatikan aspek biopsikososiokultural dan spiritual
4. Mampu menemukan, mengevaluasi, menggunakan, mendiseminasikan dan menghasilkan
materi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif untuk pengembangan keilmuan serta dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan
5. Menerapkan pemanfaatan pengetahuan ilmiah dalam rangka melakukan perubahan terhadap fenomena kedokteran dan kesehatan melalui tindakan kedokteran dan intervensi kesehatan pada individu, keluarga, komunitas dan masyarakat untuk kesejahteraan dan keselamatan manusia, serta kemajuan ilmu dalam bidang kedokteran dan kesehatan yang memperhatikan kajian inter/multidisiplin, inovatif dan teruji
6. Melakukan prosedur klinis yang berkaitan dengan masalah kesehatan dengan menerapkan
prinsip keselamatan pasien, keselamatan diri sendiri, dan keselamatan orang lain
7. Mampu mengelola masalah kesehatan individu, keluarga, komunitas dan masyarakat secara
komprehensif, holistik, terpadu dan berkesinambungan menggunakan sumber daya secara efektif dalam konteks pelayanan kesehatan primer
8. Menerapkan prinsip keselamatan pasien dan prinsip upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada individu, keluarga, komunitas dan masyarakat
9. Mampu berkolaborasi dan bekerja sama dengan sejawat seprofesi, interprofesi kesehatan
dan profesi lain dalam merancang pengelolaan masalah kesehatan dengan menerapkan nilai, etika, peran dan tanggung jawab
10. Menerapkan prinsip pemanfaatan bahan herbal sebagai terapi suportif dalam pengelolaan
masalah kesehatan pasien serta melakukan riset pengembangan kedokteran herbal berbasis
bukti
Pengembangan kedokteran herbal menjadi keunggulan utama Program Studi Pendidikan Dokter FKIPB. Program ini mengutamakan pendekatan komunitas, penguatan AHS, dan konsep One Health, dengan fokus pada penelitian herbal, pemanfaatan teknologi, uji efektivitas dan keamanan, pengembangan produk, serta edukasi bagi masyarakat dan tenaga kesehatan. Keunggulan tersebut diintegrasikan dalam kurikulum, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk melahirkan dokter yang kompeten, inovatif, dan mampu bersaing secara global