Program Studi Sarjana
"Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (KK) resmi berdiri pada Tanggal 10 Januari Tahun 2005 sesuai dengan SK Rektor IPB No. 01/OT/V2005. Departemen IKK merupakan salah satu departemen di bawah Fakultas Ekologi Manusia IPB. Departemen IKK memiliki mandat untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen. Pada tahun 2013 Departemen IKK mendapatkan akreditasi A sesuai keputusasn BAN PT No 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 untuk periode 2013-2018. Berdasarkan undang-undang No. 12 tahun 2012 tentan pendidikan tinggi, pasal 10 ayat 2 bahwa Departemen IKK termasuk rumpun ilmu terapan, yaitu rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mengkaji dan mendalami aplikasi ilmu bagi kehidupan manusia. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen terdiri dari tiga divisi yaitu 1) Divisi Ilmu Keluarga, yaitu divisi fokus pada perkembangan ilmu keluarga yang bertujuan untuk ketahanan fungsi keluarga sebagai institusi sosial; 2) Divisi Perkembangan Anak, yaitu divisi yang membangun keilmuan dan teknologi yang relevan untuk tumbuh kembang anak secara holistik, yang melibatkan perkembangan fisik- motorik, sosial-emosi, kemampuan kognitif, dan moral karakter untuk menciptakan generasi yang berkualitas; 3) Divisi Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga, yaitu divisi yang mengembangkan perilaku keluarga dalam pengalokasian sumberdaya yang dimiliki berdasarkan prinsip ilmu konsumen dan ekonomi dalam rangka meningkatlan kesejahteraan keluarga. "
“Menjadi program studi terkemuka dan bertaraf internasional dalam mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di berbagai wilayah agroekologi”.
Misi"1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang ilmu keluarga, perkembangan anak, dan konsumen.
2.Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas sebagai kontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pemecahan masalah keluarga, anak, dan konsumen di berbagai wilayah agroekologi.
3.Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kerjasama untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan keberdayaan konsumen di berbagai wilayah agroekologi.
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | IKK1201 | Studi Keluarga dan Konsumen | 3(1-2) | - | 3 | Foundational Literacies |
2 | IKK1233 | Perilaku Konsumen | 3(3-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
3 | IKK1411 | Metode Penelitian Keluarga | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
4 | IKK1322 | Pengembangan Karakter | 3(3-0) | - | 4 | Academic Core Courses |
5 | IKK1334 | Manajemen Sumberdaya Keluarga | 3(3-0) | - | 4 | Academic Core Courses |
6 | IKK1335 | Manajemen Keuangan Konsumen dan Keluarga | 3(3-0) | - | 4 | In-depth Courses |
7 | IKK1421 | Pengukuran Perkembangan Anak | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
8 | IKK1432 | Riset Konsumen | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
9 | IKK496 | Masalah Khusus | 2(0-2) | - | 6 | Final Year Project |
10 | IKK498 | Seminar | 1(1-0) | - | 7 | Final Year Project |
11 | IKK499 | Skripsi | 6(0-6) | - | 7 | Final Year Project |
12 | IPB110A | Agama Islam | 3(2-1) | - | 1 | PPKU |
13 | IPB110D | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | - | 1 | PPKU |
14 | IPB110E | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | - | 1 | PPKU |
15 | IPB110F | Bahasa Inggris | 2(1-1) | - | 1 | PPKU |
16 | IPB1106 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | - | 1 | PPKU |
17 | BIO1101 | Biologi Umum | 2(2-0) | - | 1 | PPKU |
18 | FIS1105 | Fisika Sains Sosial | 2(2-0) | - | 1 | PPKU |
19 | EKO1102 | Ekonomi Dasar | 3(2-1) | - | 1 | PPKU |
20 | IPB110C | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | - | 1 | PPKU |
21 | KIM1100 | Kimia Umum | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
22 | MAT1102 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | - | 2 | PPKU |
23 | STA1111 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | - | 2 | PPKU |
24 | KOM1102 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
25 | KPM1131 | Sosiologi | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
26 | IPB110G | Olahraga/Seni | 1(0-1) | - | 2 | PPKU |
27 | FMA1101 | Pembangunan Manusia dan Sumber Daya Alam | 2(2-0) | - | 2 | PPKU |
28 | IKK1219 | Komunikasi Keluarga | 2(2-0) | - | 4 | Academic Core Courses |
29 | IKK1312 | Konseling Keluarga | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
30 | IKK1222 | Tumbuh Kembang Manusia | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
31 | IKK1235 | Pemasaran Sosial | 2(2-0) | - | 4 | Academic Core Courses |
32 | IKK1234 | Pendidikan dan Perlindungan Konsumen | 2(2-0) | - | 4 | Academic Core Courses |
33 | IKK1313 | Gender dan Keluarga | 2(2-0) | - | 5 | In-depth Courses |
34 | IKK1314 | Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga | 2(2-0) | - | 5 | In-depth Courses |
35 | IKK1315 | Praktek Konseling Keluarga | 3(1-2) | - | 5 | In-depth Courses |
36 | IKK1321 | Pengasuhan Anak | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
37 | IKK1323 | Pendidikan Holistik | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
38 | IKK1337 | Usaha Ekonomi Keluarga | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
39 | IKK1301 | Pengembangan Media Pendidikan Keluarga | 2(0-2) | - | 5 | In-depth Courses |
40 | IKK1232 | Ekonomi Keluarga | 2(2-0) | - | 4 | Academic Core Courses |
41 | IKK1218 | Perkembangan Keluarga | 2(2-0) | - | 3 | Foundational Literacies |
42 | IKK1216 | Teori Keluarga | 2(2-0) | - | 3 | Foundational Literacies |
43 | IKK1220 | Psikologi Umum | 3(3-0) | - | 3 | Foundational Literacies |
44 | IKK1217 | Ekologi Keluarga | 3(2-1) | - | 3 | Foundational Literacies |
45 | IKK1223 | Psikologi Anak | 2(2-0) | - | 3 | Foundational Literacies |
46 | IKK1492 | Kolokium | 1(0-1) | - | 6 | Final Year Project |
47 | IKK1401 | Capstones | 6(0-6) | - | 6 | Capstone |
48 | IKK1491 | Masalah Khusus | 3(0-3) | - | 6 | Final Year Project |
49 | GIZ234 | Kesehatan Masyarakat | 2(2-0) | - | 3 | Interdepartemen |
1. Mampu menjelaskan teori – teori keluarga
2. Mampu menjelaskan teori – teori perkembangan anak
3. Mampu menjelaskan teori-teori perilaku konsumen dan pemasaran social
4. Mampu menjelaskan konsep manajemen sumber daya keluarga
5. Mampu menyusun rencana dan melakukan penelitian bidang keluarga, perkembangan anak, dan perilaku konsumen
6. Mampu merancang program peningkatan ketahanan keluarga.
7. Mampu merancang program stimulasi dan pengasuhan untuk meningkatkan kualitas anak
8. Mampu merancang program pengembangan anak secara holistik di lingkungan keluarga dan sekolah
9. Mampu merancang program peningkatan keberdayaan konsumen
10. Mampu melakukan konseling keluarga
11. Mampu melakukan perencanaan keuangan keluarga
12. Mampu melakukan pemberdayaan keluarga
13. Mampu mengelola program peningkatan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan keberdayaan konsumen
14. Mampu berpikir kritis: bertindak kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, menjunjung tinggi nilai – nilai karakter
Untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen.