Kurikulum Ilmu Keluarga Dan Konsumen

"Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (KK) resmi berdiri pada Tanggal 10 Januari Tahun 2005 sesuai dengan SK Rektor IPB No. 01/OT/V2005. Departemen IKK merupakan salah satu departemen di bawah Fakultas Ekologi Manusia IPB. Departemen IKK memiliki mandat untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen. Pada tahun 2013 Departemen IKK mendapatkan akreditasi A sesuai keputusasn BAN PT No 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 untuk periode 2013-2018. Berdasarkan undang-undang No. 12 tahun 2012 tentan pendidikan tinggi, pasal 10 ayat 2 bahwa Departemen IKK termasuk rumpun ilmu terapan, yaitu rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mengkaji dan mendalami aplikasi ilmu bagi kehidupan manusia. Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen terdiri dari tiga divisi yaitu 1) Divisi Ilmu Keluarga, yaitu divisi fokus pada perkembangan ilmu keluarga yang bertujuan untuk ketahanan fungsi keluarga sebagai institusi sosial; 2) Divisi Perkembangan Anak, yaitu divisi yang membangun keilmuan dan teknologi yang relevan untuk tumbuh kembang anak secara holistik, yang melibatkan perkembangan fisik- motorik, sosial-emosi, kemampuan kognitif, dan moral karakter untuk menciptakan generasi yang berkualitas; 3) Divisi Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga, yaitu divisi yang mengembangkan perilaku keluarga dalam pengalokasian sumberdaya yang dimiliki berdasarkan prinsip ilmu konsumen dan ekonomi dalam rangka meningkatlan kesejahteraan keluarga. "

Visi

“Menjadi program studi terkemuka dan bertaraf internasional dalam mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di berbagai wilayah agroekologi”.

Misi

"1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang ilmu keluarga, perkembangan anak, dan konsumen.

2.Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas sebagai kontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pemecahan masalah keluarga, anak, dan konsumen di berbagai wilayah agroekologi.

3.Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kerjasama untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan keberdayaan konsumen di berbagai wilayah agroekologi.

No Mata Kuliah SKS Prasyarat Semester Kategori Mata Kuliah
Kode Nama
1 IKK1201 Studi Keluarga dan Konsumen 3(1-2) - 3 Foundational Literacies
2 IKK1233 Perilaku Konsumen 3(3-0) - 3 Academic Core Courses
3 IKK1411 Metode Penelitian Keluarga 3(2-1) - 6 In-depth Courses
4 IKK1322 Pengembangan Karakter 3(3-0) - 4 Academic Core Courses
5 IKK1334 Manajemen Sumberdaya Keluarga 3(3-0) - 4 Academic Core Courses
6 IKK1335 Manajemen Keuangan Konsumen dan Keluarga 3(3-0) - 4 In-depth Courses
7 IKK1421 Pengukuran Perkembangan Anak 3(2-1) - 6 In-depth Courses
8 IKK1432 Riset Konsumen 3(2-1) - 6 In-depth Courses
9 IKK496 Masalah Khusus 2(0-2) - 6 Final Year Project
10 IKK498 Seminar 1(1-0) - 7 Final Year Project
11 IKK499 Skripsi 6(0-6) - 7 Final Year Project
12 IPB110A Agama Islam 3(2-1) - 1 PPKU
13 IPB110D Pendidikan Pancasila 1(1-0) - 1 PPKU
14 IPB110E Pendidikan Kewarganegaraan 1(1-0) - 1 PPKU
15 IPB110F Bahasa Inggris 2(1-1) - 1 PPKU
16 IPB1106 Bahasa Indonesia 2(1-1) - 1 PPKU
17 BIO1101 Biologi Umum 2(2-0) - 1 PPKU
18 FIS1105 Fisika Sains Sosial 2(2-0) - 1 PPKU
19 EKO1102 Ekonomi Dasar 3(2-1) - 1 PPKU
20 IPB110C Pertanian Inovatif 2(2-0) - 1 PPKU
21 KIM1100 Kimia Umum 2(2-0) - 2 PPKU
22 MAT1102 Matematika dan Berpikir Logis 3(2-1) - 2 PPKU
23 STA1111 Statistika dan Analisis Data 3(3-0) - 2 PPKU
24 KOM1102 Berpikir Komputasional 2(2-0) - 2 PPKU
25 KPM1131 Sosiologi 2(2-0) - 2 PPKU
26 IPB110G Olahraga/Seni 1(0-1) - 2 PPKU
27 FMA1101 Pembangunan Manusia dan Sumber Daya Alam 2(2-0) - 2 PPKU
28 IKK1219 Komunikasi Keluarga 2(2-0) - 4 Academic Core Courses
29 IKK1312 Konseling Keluarga 3(2-1) - 4 Academic Core Courses
30 IKK1222 Tumbuh Kembang Manusia 3(2-1) - 4 Academic Core Courses
31 IKK1235 Pemasaran Sosial 2(2-0) - 4 Academic Core Courses
32 IKK1234 Pendidikan dan Perlindungan Konsumen 2(2-0) - 4 Academic Core Courses
33 IKK1313 Gender dan Keluarga 2(2-0) - 5 In-depth Courses
34 IKK1314 Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga 2(2-0) - 5 In-depth Courses
35 IKK1315 Praktek Konseling Keluarga 3(1-2) - 5 In-depth Courses
36 IKK1321 Pengasuhan Anak 3(2-1) - 5 In-depth Courses
37 IKK1323 Pendidikan Holistik 3(2-1) - 5 In-depth Courses
38 IKK1337 Usaha Ekonomi Keluarga 3(2-1) - 5 In-depth Courses
39 IKK1301 Pengembangan Media Pendidikan Keluarga 2(0-2) - 5 In-depth Courses
40 IKK1232 Ekonomi Keluarga 2(2-0) - 4 Academic Core Courses
41 IKK1218 Perkembangan Keluarga 2(2-0) - 3 Foundational Literacies
42 IKK1216 Teori Keluarga 2(2-0) - 3 Foundational Literacies
43 IKK1220 Psikologi Umum 3(3-0) - 3 Foundational Literacies
44 IKK1217 Ekologi Keluarga 3(2-1) - 3 Foundational Literacies
45 IKK1223 Psikologi Anak 2(2-0) - 3 Foundational Literacies
46 IKK1492 Kolokium 1(0-1) - 6 Final Year Project
47 IKK1401 Capstones 6(0-6) - 6 Capstone
48 IKK1491 Masalah Khusus 3(0-3) - 6 Final Year Project

1. Mampu menjelaskan teori – teori keluarga
2. Mampu menjelaskan teori – teori perkembangan anak
3. Mampu menjelaskan teori-teori perilaku konsumen dan pemasaran social
4. Mampu menjelaskan konsep manajemen sumber daya keluarga
5. Mampu menyusun rencana dan melakukan penelitian bidang keluarga, perkembangan anak, dan perilaku konsumen
6. Mampu merancang program peningkatan ketahanan keluarga.
7. Mampu merancang program stimulasi dan pengasuhan untuk meningkatkan kualitas anak
8. Mampu merancang program pengembangan anak secara holistik di lingkungan keluarga dan sekolah
9. Mampu merancang program peningkatan keberdayaan konsumen
10. Mampu melakukan konseling keluarga
11. Mampu melakukan perencanaan keuangan keluarga
12. Mampu melakukan pemberdayaan keluarga
13. Mampu mengelola program peningkatan ketahanan keluarga, kualitas anak, dan keberdayaan konsumen
14. Mampu berpikir kritis: bertindak kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, menjunjung tinggi nilai – nilai karakter

Untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen.