Kurikulum Manajemen Sumberdaya Lahan

Program Studi Manajemen Sumberdaya Lahan (MSL), IPB merupakan program studi sarjana di bidang ilmu tanah dan sumberdaya lahan tertua di Indonesia, yaitu telah menerima mahasiswa sejak 1963. Saat ini program studi MSL, IPB didukung oleh 40 orang dosen tetap berpengalaman lulusan dalam dan luar negeri yang seluruhnya berasal dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan sebagai Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS). Lulusan program studi ini telah tersebar di seluruh tanah air memperkuat dan memperkaya pengetahuan ilmu tanah dan pengelolaan sumberdaya lahan di berbagai institusi pemerintah dan swasta, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun dunia usaha.

Visi

Menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat pada bidang ilmu-ilmu tanah dan sumberdaya lahan serta teknologi pengelolaannya untuk mendukung pertanian berkelanjutan, kelestarian lingkungan dan pembangunan nasional yang berkelanjutan

Misi

"(1) Menyelenggarakan pendidikan sarjana bermutu tinggi dalam bidang ilmu-ilmu tanah dan sumberdaya lahan, dan pembinaan kemahasiswaan yang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa; (2) Mengembangkan ilmu dan teknologi tanah dan sumberdaya lahan serta pengelolaannya untuk mendukung pertanian berkelanjutan, kelestarian lingkungan dan pembangunan nasional yang berkelanjutan; (3) Menerapkan dan mendesiminasikan ilmu dan teknologi tanah dan sumberdaya lahan untuk mempercepat pembangunan nasional berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat; dan (4) Membangun sistem manajemen program studi yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, bermutu, dan berprestasi internasional untuk mendukung pelaksanaan tridarma perguruan tinggi berkelas dunia. "

No Mata Kuliah SKS Prasyarat Semester Kategori Mata Kuliah
Kode Nama
1 EKO1101 Ekonomi 2(2-0) - 1 PPKU/Common Core Courses
2 IPB110A Agama Islam 3(2-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
3 IPB110C Pertanian Inovatif 2(2-0) - 1 PPKU/Common Core Courses
4 IPB110F Bahasa Inggris 2(1-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
5 KIM1104 Kimia Sains dan Teknologi 3(2-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
6 KPM1131 Sosiologi 2(2-0) - 2 PPKU/Common Core Courses
7 MAT1102 Matematika dan Berpikir Logis 3(2-1) - 2 PPKU/Common Core Courses
8 STA1111 Statistika dan Analisis Data 3(3-0) - 2 PPKU/Common Core Courses
9 BIO1102 Biologi Dasar 3(2-1) - 2 PPKU/Common Core Courses
10 FIS1104 Fisika Sains Teknologi 3(2-1) - 2 PPKU/Common Core Courses
11 IPB1106 Bahasa Indonesia 2(1-1) - 2 PPKU/Common Core Courses
12 IPB110D Pendidikan Pancasila 1(1-0) - 2 PPKU/Common Core Courses
13 IPB110E Pendidikan Kewarganegaraan 1(1-0) - 1 PPKU/Common Core Courses
14 IPB110G Olahraga/Seni 1(0-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
15 KOM1102 Berpikir Komputasional 2(2-0) - 1 PPKU/Common Core Courses
16 MSL1100 Tanah dalam Neksus Pertanian-Lingkungan 3(3-0) - 2 PPKU/Common Core Courses
17 AGH1201 Dasar-Dasar Agronomi 3(2-1) - 3 Foundational Literacies
18 MSL1200 Analisis Tanah dan Tanaman 1(0-1) - 3 Academic Core Courses
19 MSL1210 Agro-Eko Geologi 3(2-1) - 3 Academic Core Courses
20 MSL1220 Agro-Eko Kimia Tanah 3(2-1) - 3 Academic Core Courses
21 MSL1230 Agro-Eko Fisika Tanah 3(2-1) - 3 Academic Core Courses
22 MSL1250 Penginderaan Jauh Tanah dan Tanaman 3(2-1) - 3 In-depth Courses
23 MSL1201 Agraria Kadaster 2(2-0) - 3 In-depth Courses
24 MSL1310 Pedologi 3(2-1) - 5 Academic Core Courses
25 PTN1201 Dasar-Dasar Kesehatan Tanaman 3(2-1) - 5 Foundational Literacies
26 MSL1331 Konservasi Tanah dan Air 3(2-1) - 5 In-depth Courses
27 MSL1400 Publikasi dan Komunikasi Sains 2(2-0) - 5 In-depth Courses
28 MSL1404 Tanah dan Perubahan Iklim 2(2-0) - 5 In-depth Courses
29 MSL1440 Bioteknologi Tanah dan Bioprospeksi 3(2-1) - 5 In-depth Courses
30 MSL1461 Perencanaan Tata Ruang dan Pengembangan Wilayah 3(2-1) - 5 In-depth Courses
31 IPB1101 Agama Kristen 3(2-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
32 IPB1102 Agama Katolik 3(2-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
33 IPB1103 Agama Hindu 3(2-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
34 IPB1104 Agama Buddha 3(2-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
35 IPB110B Agama Khonghucu 3(2-1) - 1 PPKU/Common Core Courses
36 MSL1251 Geomorfologi dan Analisis Lanskap 3(2-1) - 4 Academic Core Courses
37 MSL1240 Agro-Eko Biologi Tanah 3(2-1) - 4 Academic Core Courses
38 MSL1320 Kesuburan Tanah 3(2-1) - 4 Academic Core Courses
39 MSL1330 Agro-Hidrologi 3(2-1) - 4 Academic Core Courses
40 MSL1360 Geografi Pembangunan 2(2-0) - 4 Academic Core Courses
41 MSL1351 Kartografi dan SIG 3(2-1) - 4 In-depth Courses
42 GFM1221 Klimatologi 3(3-0) - 4 Foundational Literacies
43 MSL1301 Desain Penelitian dan Analisis Data 2(1-1) - 4 In-depth Courses
44 MSL1421 Teknologi Ameliorasi dan Pemupukan 3(2-1) - 6 In-depth Courses
45 MSL1462 Pemodelan Kuantitatif Wilayah 2(2-0) - 6 In-depth Courses
46 MSL1401 Teori Survei, Pemetaan, dan Evaluasi Lahan 2(2-0) - 6 In-depth Courses
47 MSL1411 Geografi Tanah Indonesia 2(2-0) - 6 In-depth Courses
48 MSL1403 Remediasi Tanah 2(2-0) - 6 Capstone
49 MSL1402 Praksis Survei, Pemetaan, dan Evaluasi Lahan 2(0-2) - 6 Capstone
50 MSL1405 Kajian Lapang Sumberdaya Lahan 1(0-1) - 6 Capstone
51 MSL1406 Best Management Practice of Tropical Land 3(0-3) - 6 Capstone
52 IPB400 Kuliah Kerja Nyata Tematik 4(1-3) - 6 Capstone
53 MSL1490 Seminar 1(0-1) - 8 Final Year Project
54 MSL1491 Skripsi 6(0-6) - 8 Final Year Project
55 IPB201 Summer Course 2(0-2) - 7 Enrichment Program
56 IPB202 Konferensi Nasional 2(0-2) - 7 Enrichment Program
57 IPB203 Pengembangan Talenta 2(0-2) - 7 Enrichment Program
58 IPB204 Manajemen Even 2(0-2) - 7 Enrichment Program
59 IPB205 Pembelajaran Emosi & Sosial 2(0-2) - 7 Enrichment Program
60 IPB206 Komunikasi dan Kerjasama Tim 2(0-2) - 7 Enrichment Program
61 IPB207 Kepemimpinan Inklusif 2(0-2) - 7 Enrichment Program
62 IPB208 Empati dan Kecerdasan Emosional 2(0-2) - 7 Enrichment Program
63 IPB209 Pengambilan Keputusan Efektif 2(0-2) - 7 Enrichment Program
64 IPB20A Pemecahan Masalah Kompleks 2(0-2) - 7 Enrichment Program
65 IPB20B Kewirausahaan Sosial 2(0-2) - 7 Enrichment Program
66 IPB20C Berpikir Kritis dan Kreatif 2(0-2) - 7 Enrichment Program
67 IPB20D Strategi Negosiasi 2(0-2) - 7 Enrichment Program
68 IPB20E Etika Profesional 2(0-2) - 7 Enrichment Program
69 IPB20F Keberagaman & Multibudaya 2(0-2) - 7 Enrichment Program
70 IPB20G Summer Course 2 2(0-2) - 7 Enrichment Program
71 IPB202 Konferensi Nasional (pemakalah) 2(0-2) - 7 Enrichment Program
72 IPB301 Summer Course 3(0-3) - 7 Enrichment Program
73 IPB302 Konferensi Internasional 3(0-3) - 7 Enrichment Program
74 IPB303 Pengembangan Profesi 3(0-3) - 7 Enrichment Program
75 IPB304 Pengembangan Talenta 3(0-3) - 7 Enrichment Program
76 IPB305 Pengembangan Masyarakat 3(0-3) - 7 Enrichment Program
77 IPB306 Kewirausahaan Sosial 3(0-3) - 7 Enrichment Program
78 IPB307 Kewirausahaan 3(0-3) - 7 Enrichment Program
79 IPB308 Kepemimpinan Inklusif & Inovatif 3(0-3) - 7 Enrichment Program
80 IPB309 Inovasi dan Pemikiran Desain 3(0-3) - 7 Enrichment Program
81 IPB30B Kredensial Mikro 3(1-2) - 7 Enrichment Program
82 IPB30A Summer Course 2 3(0-3) - 7 Enrichment Program
83 IPB302 Konferensi Internasional (pemakalah) 3(0-3) - 7 Enrichment Program

1. Sikap i. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius serta menjadikan nilai-nilai ibadah dan keimanan, keseimbangan hak dan kewajiban, keseimbangan usaha dan keikhlasan, kepasrahan, mawas diri, dan akhlak mulia sebagai landasan dalam bekerja. ii. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika iii. Mentaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. iv. Menunjukkan keunggulan akademik dengan menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik serta mengembangkan budaya akademik yang jujur, ilmiah, obyektif, inovatif, visioner, mandiri, taat asas, dan manusiawi v. Menunjukkan semangat dan kecekatan untuk selalu menjadi pembelajar (agile learner) dalam memajukan IPTEKS mengacu pada perubahan kebutuhan masyarakat yang dinamis. vi. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. vii. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. viii. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. ix. Bekerja sama, membangun sinergi, dan jaringan kerja melalui sikap saling menghargai, saling membutuhkan, dan saling mengingatkan untuk kemajuan bersama x. Menunjukkan kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan xi. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan yang ditugaskan dalam mencapai kinerja terbaik xii. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan xiii. Menjaga kebiasaan untuk fokus pada tujuan dan proses, tekun, bersemangat, bekerja dengan cerdas, tidak mudah putus asa, serta bervariasi dalam strategi xiv. Mengutamakan pelaksanaan pekerjaan secara konsekuen, konsisten, ramah, dan santun, sesuai dengan ketentuan dan norma yang berlaku 2. Pengetahuan i. Mampu menjelaskan teori dasar karakterisasi tanah dan lahan mencakup geologi, geomorfologi, mineralogi, fisik, kimia, biologi, hidrologi, klimatologi, morfologi tanah, klasifikasi tanah, kuantitatif, geografi pembangunan, tenurial. ii. Mampu menguraikan metode survei dan pemetaan dengan menggunakan penginderaan jauh, kartografi, sistem informasi geografi (SIG), kuantitatif spasial, survei tanah dan lahan. iii. Mampu menerangkan teknik evaluasi termasuk kualitas, kemampuan, daya dukung, kesesuaian, dan valuasi lahan untuk keberlanjutan pertanian dan lingkungan. iv. Mampu menjelaskan teknologi tanah dan lahan mencakup bioteknologi, pupuk dan pemupukan, ameliorasi, serta remediasi untuk keberlanjutan pertanian dan lingkungan. v. Mampu menguraikan teknik pengelolaan tanah meliputi kesuburan tanah, konservasi tanah dan air, ameliorasi, pemupukan, serta remediasi untuk keberlanjutan pertanian dan lingkungan. vi. Mampu menerangkan teknik pengelolaan lanskap dan wilayah mencakup aspek daerah aliran sungai, lingkungan, dan kebencanaan untuk keberlanjutan pertanian dan lingkungan. vii. Mampu menjelaskan rencana pengembangan wilayah diantaranya agraria dan kadaster/administrasi lahan, tata guna lahan, serta tata ruang 3. Keterampilan Khusus i. Terampil dalam mengaplikasikan teknik inventarisasi tanah dan lahan mencakup data lapang dan laboratorium ii. Mampu menyajikan hasil inventarisasi tanah dan lahan secara spasial maupun tekstual. iii. Mampu mengevaluasi potensi dan permasalahan tanah dan lahan dalam upaya memperbaiki kualitas dan perencanaan pemanfaatannya; iv. Mampu merumuskan alternatif pemecahan permasalahan tanah dan lahan secara komprehensif v. Mampu mengaplikasikan teknologi pengelolaan tanah dan lahan sesuai dengan pedoman baku; vi. Mampu merencanakan penggunaan lahan sesuai prinsip berkelanjutan. vii. Mampu memanfaatkan pengetahuan ilmu tanah dan lahan dalam perencanaan pengembangan wilayah 4. Keterampilan umum i. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu dan teknologi tanah dan lahan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora. ii. Mampu menyusun deskripsi hasil kajian saintifik dalam bentuk laporan ilmiah. iii. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam menyelesaikan tugasnya iv. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang ilmu tanah dan lahan, berdasarkan hasil analisis data dan informasi. v. Mampu mengimplementasikan dan diharapkan mampu mengkaji pengembangan Ilmu Tanah dan Lahan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik. vi. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. vii. Mampu bekerja dan bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja, baik bersifat individu dan kelompok. viii. Mampu melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. ix. Mampu melakukan proses evaluasi diri dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. x. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data dan/atau informasi untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi."

Pengembangan Ilmu dan Teknologi Tanah dan Lahan dilihat dari segi biofisik dan ruang yang meliputi pencirian, pengggolongan, inventarisasi dan proses-proses yang terjadi, serta perencanaan pemanfaatan dan pengelolaan tanah dan lahan berkelanjutan