Program Studi Magister
Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PS-PSL) merupakan salah satu program studi lingkungan Sekolah Pascasarjana yang tertua di Indonesia. Program Magister PS-PSL berdiri pada tahun 1975, sedangkan program Doktor PS–PSL pada tahun 1976. Saat ini, PS-PSL telah terakreditasi A (sangat baik) oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN)-DIKTI (2012), baik untuk Program Magister maupun untuk Program Doktor. Sampai dengan pertengahan tahun 2013, PS-PSL telah meluluskan 742 orang Magister Sains (MSi) dan 434 orang Doktor (Dr). Para lulusan PS-PSL tersebut telah banyak berperan secara profesional di berbagai sektor kehidupan masyarakat, baik sebagai akademisi, birokrat, konsultan, LSM dan lain sebagainya. Dosen yang terlibat dalam proses belajar mengajar (PBM) di Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (PS-PSL IPB) berjumlah 53 orang (52 orang dosen IPB dan 1 orang pengajar dari instansi di luar IPB). Dari sejumlah dosen tersebut, 9 orang dosen terlibat pada PBM program pendidikan Doktor, 25 orang pada PBM program pendidikan Magister dan 18 orang pada PBM program pendidikan Magister dan Doktor. Semua dosen tersebut bergelar Doktor dengan keahlian yang bervariasi sesuai dengan tuntutan kompetensi lulusan PS-PSL IPB, diantaranya 16 orang dosen mempunyai jabatan akademik sebagai Guru Besar (Profesor).
"Menjadi program studistrata 2 (S2) yang terkemuka di kawasan tropika dalam menghasilkan SDM dan mengembangkan ilmu dan teknologi serta seni (IPTEKS) di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). "
Misi"1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Pascasarjana strata 2 (S2) di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan secara professional hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. 2. Menyelenggarakan dan mempelopori kegiatan penelitian (dasar dan terapan) dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta seni di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan secara terintegrasi melalui pendekatan inter atau multidisipliner. 3. Menjadikan “trend setter” pengembangan Program Pendidikan Magister (S2) PSL Pascasarjana di Indonesia dan kawasan tropika."
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | PSL1509 | Rancangan Riset dan Inovasi | 2(1-1) | - | 1 | SC |
2 | PSL150A | Ekologi dan Dinamika Sistem Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 3(2-1) | - | 1 | Academic Core Courses |
3 | PSL150B | Hukum dan Kebijakan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
4 | PSL150C | Analisis Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(1-1) | - | 2 | Academic Core Courses |
5 | PSL1604 | Etika dan Moral Lingkungan | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
6 | PSL1607 | Ekonomi dan Kelembagaan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
7 | PSL1608 | Pemodelan Spasial Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(1-1) | - | 2 | Academic Core Courses |
8 | PSL1614 | Kebijakan dan Perjanjian Internasional Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
9 | PSL1615 | Ekologi Politik Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
10 | PSL1591 | Kolokium | 1(0-1) | - | 2 | Final Year Project |
11 | PSL615 | Ekologi Politik Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
12 | PSL1616 | Seni dan Sains Diplomasi Internasional | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
13 | PSL1617 | Politik dan Praktik Kebijakan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
14 | PSL1625 | Manajemen Risiko Perubahan Iklim dan Bencana | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
15 | PSL1621 | Pencemaran dan Kesehatan Lingkungan | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
16 | PSL623 | Toksikologi dan Kesehatan Lingkungan | 2(0-0) | - | 2 | In-depth Courses |
17 | PSL1624 | Instrumen Manajemen Lingkungan | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
18 | PSL1631 | Biodiversitas Agro-Maritim dan Sistem Pangan Berkelanjutan | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
19 | PSL1632 | Energi Baru dan Terbarukan dari Sumberdaya Agro-maritim | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
20 | PSL1635 | Konsumsi Hijau dan Sanitasi Higienis | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
21 | PSL1636 | Kebijakan Pengelolaan Wisata Agro-Eko-Kultural | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
22 | PSL1642 | Penataan Ruang dan Sistem Informasi Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
23 | PSL1651 | Dinamika Ekosistem dan Sosial Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
24 | PSL1671 | Pengelolaan Sumberdaya Lahan dan Air Berkelanjutan | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
25 | PSL1592 | Proposal | 2(0-2) | PSL1591 - Kolokium - 1(0-1) | 3 | Final Year Project |
26 | PPS691 | Seminar Tesis | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
27 | PSL1593 | Ujian Tesis | 2(2-0) | PPS1692 - Publikasi Ilmiah Nasional - 2(0-2) | 4 | Final Year Project |
28 | PSL1594 | Tesis | 6(0-6) | PSL1593 - Ujian Tesis - 2(2-0) | 4 | Final Year Project |
29 | PPS1692 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
30 | PPS1698 | Publikasi di Prosiding Seminar Internasional | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
LO1 : Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni di bidang PSDAL dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji dengan menggunakan pendekatan sistem (holistik, terpadu dan multi/inter-disiplin) yang meliputi dimensi ekologi, sosial budaya, ekonomi, kelembagaan, dan teknologi dengan mengikuti perkembangan terkini LO2 : Mampu mengidentifikasi, menjelaskan, mensintesis, dan merumuskan konsep ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atauseni PSDAL dalam pengelolaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian) pembangunan berikut permasalahannya. LO3 : Mampu mengaplikasikan pendekatan sistem secara holistik, terpadu dan multi/inter - disiplin dalam PSDAL berikut pemecahan LO4 : Mampu mencari solusi dengan menggunakan pendekatan sistem secara holistik, terpadu dan multi /inter-disiplin) dalam PSDAL berikut pemecahan permasalahannya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. LO5 : Mampu mengelola riset, inovasi, dan pengembangan ilmu pengatahuan, teknologi, dan/atau seni PSDAL yang teruji dengan pendekatan multi/inter-disiplin yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapatkan pengakuan nasional, regional dan/atau internasional. "
Belum ada data