Program Studi Magister
"Program Studi (PS) Magister Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki visi untuk menjadi program studi unggul dengan kualitas lulusan yang kompeten dan berdaya saing serta mampu menguasai IPTEKS khususnya di bidang Teknik Sipil dan Lingkungan pada tahun 2018. Visi tersebut diturunkan dari visi departemen yang berbunyi ""menjadi institusi pendidikan tinggi terkemuka di bidang teknik sipil dan lingkungan yang diakui secara internasional dengan kompetensi inti pada rekayasa sesuai dengan kaidah-kaidah ekologis dan kelestarian lingkungan“. PS Magister SIL IPB memberikan tiga alternatif jalur minat (konsentrasi), yaitu (1) Teknik Struktur dan Geoteknik; (2) Teknik Lingkungan; (3) Teknik Sumber Daya Air. Penyelenggaraan kegiatan akademik di PS Magister SIL didukung oleh berbagai fasilitas fisik baik berupa ruang kuliah, ruang seminar, ruang staf, laboratorium, ruang pelayanan, pilot plant, laboratorium komputer, dan perpustakaan pusat. Selain itu, juga tersedia Pusat Informasi Teknologi Pertanian (PITP), dan unit pengembangan e-learning dan video conference. Fasilitas tersebut tersebar dan berada di bawah pengelolaan departemen, fakultas, dan institut. Staf pengajar di PS Magister SIL IPB terdiri atas tiga (3) orang Guru Besar dan 11 orang pengajar bergelar doktor (S3) dari institusi terkemuka dari luar dan dalam negeri."
"1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, efisien dan efektif dengan menerapkan sistem pengelolaan yang modern dan profesional. 2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dasar, terapan dan strategis. 3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. 4. Menjalin jejaring (network) dengan berbagai institusi, baik institusi di dalam negeri maupun institusi di luar negeri. 5. Membangun karakter kewirausahaan mahasiswa melalui kegiatan tridharma."
Misi"1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi program pascasarjana yang berkualitas, yang secara efektif dan efisien mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing secara internasional. 2. Memperkuat landasan keilmuan dengan mengembangkan IPTEKS melalui penelitian dasar, terapan dan strategis yang bersifat lanjut, mendalam dan lintas disiplin, untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. 3. Meningkatkan secara terus menerus mutu penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan. 4. Menjalin jejaring (network) dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri."
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | SIL1501 | Pemodelan Matematika untuk Teknik Sipil dan Lingkungan | 3(2-1) | - | 1 | Foundational Literacies |
2 | SIL1502 | Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Bidang Teknik Sipil dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | Academic Core Courses |
3 | SIL1642 | Sistem Informasi Geografis untuk Teknik Sipil dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
4 | SIL1647 | Pemodelan dan Visualisasi Spasial | 2(2-0) | - | 2 | Academic Core Courses |
5 | SIL1590 | Metodologi Penelitian Teknik Sipil dan Lingkungan | 3(2-1) | - | 2 | Academic Core Courses |
6 | SIL1511 | Geoteknik | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
7 | SIL1512 | Teknik Konstruksi Bangunan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
8 | SIL1514 | Bahan Konstruksi Lanjut | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
9 | SIL1611 | Manajemen Proyek Konstruksi | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
10 | SIL1613 | Teknik Pondasi Lanjut | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
11 | SIL1615 | Metode Elemen Hingga untuk Geoteknik | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
12 | SIL1527 | Teknik Green Building Lanjut | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
13 | SIL1528 | Pemodelan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
14 | SIL1529 | Teknologi Proses Lingkungan | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
15 | SIL1621 | Bangunan dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
16 | SIL1622 | Polusi dan Sanitasi Lingkungan | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
17 | SIL1625 | Rekayasa Lingkungan Pertanian | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
18 | SIL1626 | Analisis dan Pengelolaan Dampak Lingkungan | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
19 | SIL1531 | Komputasi Dinamika Fluida (CFD) | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
20 | SIL1533 | Ekohidrolika dan Eco-Drainage | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
21 | SIL1534 | Irigasi Cerdas | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
22 | SIL1634 | Manajemen Sumberdaya Air Terpadu | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
23 | SIL1635 | Pemodelan Hidrologi | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
24 | SIL1636 | Teknik Suplai Air | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
25 | PPS1503 | Bahasa Inggris | 3(3-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
26 | PPS1601 | Kolokium | 1(0-1) | - | 2 | In-depth Courses |
27 | SIL1602 | Proposal Tesis | 2(0-2) | - | 3 | In-depth Courses |
28 | SIL1698 | Tesis | 6(0-6) | - | 4 | In-depth Courses |
29 | SIL1699 | Ujian Tesis | 2(0-2) | - | 4 | In-depth Courses |
30 | PPS1692 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 4 | In-depth Courses |
31 | PPS1695 | Publikasi Ilmiah Internasional | 3(0-3) | - | 4 | In-depth Courses |
32 | PPS1698 | Publikasi di Prosiding Seminar Internasional | 2(0-2) | - | 4 | In-depth Courses |
33 | PPS1691 | Seminar Tesis | 1(0-1) | - | 3 | Enrichment Program |
1. Memiliki kemampuan dalam menerapkan sains dan matematika untuk merencanakan dan mengambil keputusan dalam pengembangan ipteks bidang teknik sipil dan lingkungan serta memiliki dasar yang kuat untuk menempuh pendidikan lanjut. 2. Memiliki kemampuan dalam menghasilkan karya inovatif melalui riset bidang teknik sipil dan lingkungan. 3. Memiliki kemampuan menggunakan metode dan perangkat teknologi komunikasi dan informasi (ICT) dalam menghasilkan karya inovatif. 4. Memiliki kemampuan dalam merancang dan melaksanakan eksperimen dan prosedur uji, serta menganalisis dan menginterpretasikan data dan informasi serta mengambil kesimpulan yang tepat. 5. Memiliki kemampuan manajerial, berkomunikasi dan bekerjasama secara interdisiplin maupun multidisiplin untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan ipteks sesuai standar yang berlaku. 6. Memiliki integritas serta patuh dan taat pada etika profesi."
“Pengembangan dan penerapan ilmu teknik untuk perencanaan dan pengelolaan sumberdaya air, infrastruktur dan bangunan, serta penanganan polusi dan sanitasi lingkungan”.