Program Studi Magister
Program Studi Teknologi Pascapanen (TPP) sebagai bagian dari pendidikan pascasarjana IPB yang merupakan pioner program magister bidang Teknologi Pascapanen di Indonesia dan di Asia. Program studi magister TPP mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dalam bidang penanganan pascapanen produk pertanian meliputi produk yang berasal dari tanaman perkebunan, pangan, hortikultura serta produk hasil peternakan dan perikanan secara umum untuk keperluan industri maupun konsumen langsung.
Menjadi bagian dari pendidikan pascasarjana IPB yang merupakan pioneer program magister bidang teknologi pascapanen di Indonesia dan di Asia adalah mengembangkan iptek dan seni dalam bidang pascapanen untuk mendukung sistem pertanian tropika berbasis industri pada tatanan ekonomi era global.
Misi1. Melaksanakan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, inovasi dan aplikasi teknologi pascapanen dalam pengembangan agribisnis dan agroindustri secara ekonomis, efektif, efisien dan berkelanjutan. 2. Melakukan pengkajian dan pengalihan (diseminasi) ilmu dan teknologi dalam bidang pascapanen agar dapat dimanfaatkan secara tepat guna oleh seluruh masyarakat.
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | TPP1521 | Fisiologi Pascapanen | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
2 | TPP1501 | Metodologi Penelitian Pascapanen | 3(2-1) | - | 1 | Mayor |
3 | PHT1534 | Hama dan Penyakit Pascapanen | 3(2-1) | - | 1 | Minor |
4 | STK1511 | Analisis Statistika | 3(2-1) | - | 1 | Minor |
5 | PPS500 | Bahasa Inggris | 3(3-0) | - | 1 | PPKU |
6 | TPP1628 | Teknologi Karantina dalam Penanganan Pascapanen | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
7 | TPP1623 | Penanganan Pascapanen Hortikultura dan Florikutura | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
8 | TPP1622 | Penanganan Pascapanen Tanaman Pangan | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
9 | TPP1625 | Penanganan Pascapanen Tanaman Rempah dan Obat | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
10 | TPP1624 | Penanganan dan Pengolahan Hasil Perkebunan | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
11 | TPP1629 | Teknologi Pengolahan Limbah Pertanian | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
12 | TPP1627 | Teknologi Distribusi dan Rantai Pasok Hasil Pertanian | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
13 | TPP1621 | Teknologi Evaluasi Non-destruktif Bahan Pertanian | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
14 | TPP1626 | Penanganan dan Pengolahan Hasil Ternak dan Perikanan | 2(2-0) | - | 1 | Mayor |
15 | TPP1601 | Kolokium | 1(0-1) | - | 3 | Mayor |
16 | TPP1602 | Proposal | 2(0-2) | - | 3 | Mayor |
17 | TPP1603 | Tesis | 6(0-6) | - | 4 | Mayor |
18 | TPP1604 | Ujian Tesis | 2(0-2) | - | 4 | Mayor |
19 | PPS1691 | Seminar Tesis | 1(0-1) | - | 3 | Pengayaan |
20 | PPS1692 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 4 | Pengayaan |
A. Sikap Lulusan Program Magister TPP diharapkan menjadi insan manusia berkualitas dengan ciri-ciri berikut ini: a. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkarakter luhur, sehat jasmani dan rohani b. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa e. Menghargai keanekaragaman budaya, agama, dan kepercayaan, serta pandangan dan pendapat atau temuan orisinal orang lain f. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan g. Taat hukum dan berlaku disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik untuk pengembangan kapasitas diri i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri sesuai etika profesi j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan untuk pengembangan profesional B. Pengetahuan Lulusan Program Magister TPP diharapkan mempunyai pengetahuan yang baik tentang: a. Konsep teoritis proses fisiologis dan lingkungan yang berkontribusi dalam pencegahan penurunan mutu produk pertanian pascapanen b. Konsep teoritis penanganan pascapanen serta proses pengolahan produk pertanian c. Konsep teoritis mengenai distribusi dan rantai pasok produk pertanian d. Metode penanganan dan penerapan peralatan untuk pascapanen produk pertanian e. Teori yang terkait dengan karakteristik bahan pertanian, metode pengukuran dan interpretasinya f. Teori mengenai manajemen penanganan pascapanen berbagai produk pertanian g. Perkembangan teknologi pascapanen mutakhir dan penerapannya secara tepat sesuai kebutuhan C. Keterampilan khusus Lulusan Program Magister TPP diharapkan mempunyai keterampilan khusus berikut ini: a. Mampu merumuskan permasalahan pascapanen, menganalisis dan memberikan solusi yang teruji melalui riset atau pembuktian ilmiah lainnya b. Mampu menentukan metode dan peralatan pascapanen yang tepat sesuai dengan permasalahan dan standar mutu produk yang berlaku c. Mampu melakukan perencanaan penerapan metode dan teknologi penanganan pascapanen yang optimum d. Mampu mengembangkan metode pengukuran mutu, analisis dan intepretasi data dalam menentukan mutu produk pertanian e. Mampu melakukan perencanaan dan analisis nilai tambah pada sistem distribusi dan rantai pasok produk pertanian D. Keterampilan Umum Lulusan Program Magister TPP diharapkan mempunyai keterampilan umum berikut ini: a. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta menkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner; e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ,analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Belum ada data