Program Studi Magister


Program Studi ilmu Perencanaan Wilayah (PS PWL) yang didirikan tahun 2004 telah mengalami perkembangan kurikulum pendidikan sesuai dengan perkembangan IPTEK, kebutuhan lapangan kerja bidang perencanaan wilayah serta regulasi. Sumberdaya lahan yang merupakan aspek penting dalam perencanaan wilayah dan ekosistem terrestrial, namun saat ini semakin mengalami tekanan dalam pemanfaatannya sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan sumberdaya lahan atau konflik penggunaan lahan. Program Magister Ilmu Perencanaan Wilayah (PS PWL) berkomitmen melaksanakan pendidikan dan pengembangan ilmu perencanaan pengembangan ekosistem terestrial dan wilayah yang berkelanjutan dengan pendekatan pemodelan data besar (big data) dan mitigasi bencana. Hal ini tercermin dari peminatan topik penelitian di PS PWL, yaitu (1) pengembangan wilayah dan administrasi pertanahan; (2) mitigasi bencana; (3) pengelolaan DAS dan ekosistem khusus (seperti gambut, kapur); (4) big data dan pemodelan spasial. PS PWL memiliki kerjasama pendidikan dengan Kyoto University, Jepang dengan program Double Degree dan Ostrava University dengan program student exchange. Penyelenggaraan pendidikan magister di PS PWL didukung oleh staf pengajar dengan kualifikasi tinggi di bidangnya, aktif di berbagai komunitas ilmiah nasional dan internasional.

Visi

Menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, penelitian, pelayanan kepada masyarakat pada bidang ilmu perencanaan wilayah dan teknologi terkait yang berbasis sumberdaya wilayah untuk mendukung pembangunan berkelanjutan

Misi

1. Mengembangkan sumberdaya manusia yang menguasai ilmu dan teknologi serta manajemen perencanaan wilayah yang berkelanjutan


2. Mengembangkan ilmu kewilayahan untuk mendukung pengelolaan sumberdaya wilayah yang berkelanjutan


3. Mengembangkan konsep perencanaan wilayah yang berbasis pada pendekatan yang terukur, berimbang, lestari dan partisipatif

No Mata Kuliah SKS Prasyarat Semester Kategori Mata Kuliah
Kode Nama
1 PWL1601 Metodologi Penelitian Spasial 3(2-1) - 2 PPKU/Common Core Courses
2 PWD1503 Sistem Spasial Ekonomi Wilayah 3(2-1) - 2 Academic Core Courses
3 PWL1607 Dinamika Agraria, Sosial dan Administrasi Pertanahan 2(2-0) - 2 In-depth Courses
4 PWL1563 Perencanaan Sarana dan Prasarana Wilayah 2(2-0) - 2 In-depth Courses
5 PWL1565 Teknik Valuasi Ekonomi Sumberdaya Wilayah 2(2-0) - 2 In-depth Courses
6 PWL1604 Kebencanaan Alam dan Mitigasi 2(2-0) - 2 In-depth Courses
7 PWL1605 Kerentanan dan Kapasitas Sosial Kebencanaan 2(2-0) - 2 In-depth Courses
8 PWL1606 Pengelolaan Resiko Bencana 3(2-1) - 2 In-depth Courses
9 TNH1602 Pengelolaan Sumberdaya Lahan 2(2-0) - 2 In-depth Courses
10 PWL1631 Pengelolaan DAS 2(2-0) - 2 In-depth Courses
11 PWL1531 Konservasi dan Pengelolaan Ekosistem Khusus 2(2-0) - 2 In-depth Courses
12 PWL1532 Ketahanan Air 2(2-0) - 2 In-depth Courses
13 PWL1608 Pemelajaran Mesin dan Mahadata Spasial 2(2-0) - 2 In-depth Courses
14 PWL1654 Pemodelan Geospasial 2(2-0) - 2 In-depth Courses
15 PWL1651 Penginderaan Jauh dan Sensor Darat 2(2-0) - 2 In-depth Courses
16 PWL1603 Teknik Analisis Geospasial 1(0-1) - 2 In-depth Courses
17 PWL1691 Ujian Tesis 2(0-2) - 4 Final Year Project
18 PWL1692 Tesis 6(0-6) - 4 Final Year Project
19 PPS1692 Publikasi Ilmiah Nasional 2(0-2) - 4 Final Year Project
20 PPS1691 Seminar Tesis 1(0-1) - 4 Final Year Project
21 PPS1695 Publikasi Ilmiah Internasional 3(0-3) - 4 Final Year Project
22 PPS1698 Publikasi di Prosiding Seminar Internasional 2(0-2) - 4 Final Year Project
23 PWL1562 Penataan Ruang dan Dimensi Manusia 2(2-0) - 1 Foundational Literacies
24 PWL1501 Sumberdaya Fisik untuk Perencanaan Wilayah 2(1-1) - 1 Foundational Literacies
25 PWL1561 Teori dan Proses Perencanaan Wilayah 2(2-0) - 1 Foundational Literacies
26 PWL1652 Sistem Informasi Geografis 2(2-0) - 1 Academic Core Courses
27 PWL1653 Teknik Analisis Informasi Geografis 1(0-1) - 1 Academic Core Courses
28 PWL1602 Analisis Kuantitatif Spasial 2(2-0) - 1 Academic Core Courses
29 PWL1609 Studio Perencanaan Wilayah 2(0-2) - 3 Academic Core Courses
30 PWL1564 Ekonomi Intermedier untuk Perencanaan Wilayah 2(2-0) - 1 Enrichment Program
31 PWL1502 Introduction to Indonesian Tropical Agriculture 2(2-0) - 1 Enrichment Program
32 PWL1592 Kolokium 1(0-1) - 3 Final Year Project
33 PWL1591 Proposal 2(0-2) - 3 Final Year Project
34 PPS1500xx Bahasa Inggris 3(3-0) - 1 Foundational Literacies

Capaian Pembelajaran Sikap

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius serta menjadikan nilai-nilai ibadah dan keimanan, keseimbangan hak dan kewajiban, keseimbangan usaha dan keikhlasan, kepasrahan, mawas diri, dan akhlak mulia sebagai landasan dalam bekerja.

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

3. Mentaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

4. Menunjukkan keunggulan akademik dengan menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik serta mengembangkan budaya akademik yang jujur, ilmiah, obyektif, inovatif, visioner, mandiri, taat asas, dan manusiawi.

5. Menunjukkan semangat dan kecekatan untuk selalu menjadi pembelajar (agile learner) dalam memajukan IPTEKS mengacu pada perubahan kebutuhan masyarakat yang dinamis.

6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

7. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

8. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

9. Bekerja sama, membangun sinergi, dan jaringan kerja melalui sikap saling menghargai, saling membutuhkan, dan saling mengingatkan untuk kemajuan bersama.

10. Menunjukkan kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

 

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

1. Mampu menganalisis teori-teori perencanaan (planning theory) dalam kaitannya dengan beragam teori multidisiplin untuk digunakan dalam proses perencanaan wilayah (theories in planning), meliputi aspek sumberdaya fisik, ekonomi, sosial-kelembagaan serta spasial.

2. Mampu menerapkan teori perencanaan wilayah secara terukur dan sistematis sesuai kaidah keilmuan.

3. Mampu menelaah teori-teori sumberdaya fisik, ekonomi, dan sosial-kelembagaan untuk pengembangan wilayah berkelanjutan.

4. Mampu mengevaluasi potensi sumberdaya fisik, ekonomi, sosial-kelembagaan untuk kajian bidang minat yang ditekuninya.

5. Mampu merekomendasikan kebijakan, strategi dan rancangan program indikatif yang terstruktur baik tekstual maupun spasial untuk perencanaan wilayah

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain dan penyusunan konsepsi ilmiah hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan publikasi ilmiah dalam bidang IPTEKS yang ditekuninya, dan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

2. Mampu mengembangkan validasi akademik atau kajian dalam bidang IPTEKS yang ditekuninya untuk menyelesaikan masalah yang relevan di masyarakat dan industri.

3. Mampu mengembangkan dan mendiseminasikan ide dengan argumen saintifik berdasarkan etika akademik kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui berbagai media.

4. Mampu mengidentifikasi dan memposisikan IPTEKS yang ditekuninya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan secara multi- atau inter-disiplin.

5. Mampu menyelesaikan masalah pengembangan IPTEKS yang ditekuninya melalui kajian eksploratif atau eksperimental terhadap data dan/atau informasi yang sahih dan handal dengan menerapkan nilai-nilai humaniora.

6. Mampu mengelola dan mengembangkan jaringan kerja kolegial dengan sejawat di lingkungan internal dan komunitas yang lebih luas.

7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.

8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjaminkesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus (KK)

1. Mampu mengembangkan teknik inventarisasi sumberdaya fisik, ekonomi, dan sosial-kelembagaan secara spasial mencakup aktifitas di laboratorium, studio dan lapangan sesuai kaidah keilmuan.

2. Mampu mengintegrasikan hasil inventarisasi sumberdaya fisik, ekonomi, dan sosial-kelembagaan, serta merancang pengelolaan wilayah secara terstruktur, baik melalui pendekatan kuantitatif maupun kualitatif sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.

3. Mampu mengembangkan teknik sintesis bidang minat ilmu perencanaan wilayah yang ditekuninya dengan pendekatan multi-disiplin

Prodi S2 Ilmu Perencanaan Wilayah merupakan salah satu Prodi di Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan yang memiliki mandat: "Pengembangan Ilmu dan Teknologi Tanah dan Lahan dilihat dari segi biofisik dan ruang yang meliputi pencirian, penggolongan, inventarisasi dan proses-proses yang terjadi, serta perencanaan pemanfaatan dan pengelolaan tanah lahan yang berkelanjutan".