Program Studi Magister
Program Studi ilmu Perencanaan Wilayah (PS PWL) yang didirikan tahun 2004 telah mengalami perkembangan kurikulum pendidikan sesuai dengan perkembangan IPTEK, kebutuhan lapangan kerja bidang perencanaan wilayah serta regulasi. Sumberdaya lahan yang merupakan aspek penting dalam perencanaan wilayah dan ekosistem terrestrial, namun saat ini semakin mengalami tekanan dalam pemanfaatannya sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan sumberdaya lahan atau konflik penggunaan lahan. Program Magister Ilmu Perencanaan Wilayah (PS PWL) berkomitmen melaksanakan pendidikan dan pengembangan ilmu perencanaan pengembangan ekosistem terestrial dan wilayah yang berkelanjutan dengan pendekatan pemodelan data besar (big data) dan mitigasi bencana. Hal ini tercermin dari peminatan topik penelitian di PS PWL, yaitu (1) pengembangan wilayah dan administrasi pertanahan; (2) mitigasi bencana; (3) pengelolaan DAS dan ekosistem khusus (seperti gambut, kapur); (4) big data dan pemodelan spasial. PS PWL memiliki kerjasama pendidikan dengan Kyoto University, Jepang dengan program Double Degree dan Ostrava University dengan program student exchange. Penyelenggaraan pendidikan magister di PS PWL didukung oleh staf pengajar dengan kualifikasi tinggi di bidangnya, aktif di berbagai komunitas ilmiah nasional dan internasional.
Menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, penelitian, pelayanan kepada masyarakat pada bidang ilmu perencanaan wilayah dan teknologi terkait yang berbasis sumberdaya wilayah untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
Misi1. Mengembangkan sumberdaya manusia yang menguasai ilmu dan teknologi serta manajemen perencanaan wilayah yang berkelanjutan
2. Mengembangkan ilmu kewilayahan untuk mendukung pengelolaan sumberdaya wilayah yang berkelanjutan
3. Mengembangkan konsep perencanaan wilayah yang berbasis pada pendekatan yang terukur, berimbang, lestari dan partisipatif
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | PWL1601 | Metodologi Penelitian Spasial | 3(2-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
2 | PWD1503 | Sistem Spasial Ekonomi Wilayah | 3(2-1) | - | 2 | Academic Core Courses |
3 | PWL1607 | Dinamika Agraria, Sosial dan Administrasi Pertanahan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
4 | PWL1563 | Perencanaan Sarana dan Prasarana Wilayah | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
5 | PWL1565 | Teknik Valuasi Ekonomi Sumberdaya Wilayah | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
6 | PWL1604 | Kebencanaan Alam dan Mitigasi | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
7 | PWL1605 | Kerentanan dan Kapasitas Sosial Kebencanaan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
8 | PWL1606 | Pengelolaan Resiko Bencana | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
9 | TNH1602 | Pengelolaan Sumberdaya Lahan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
10 | PWL1631 | Pengelolaan DAS | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
11 | PWL1531 | Konservasi dan Pengelolaan Ekosistem Khusus | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
12 | PWL1532 | Ketahanan Air | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
13 | PWL1608 | Pemelajaran Mesin dan Mahadata Spasial | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
14 | PWL1654 | Pemodelan Geospasial | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
15 | PWL1651 | Penginderaan Jauh dan Sensor Darat | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
16 | PWL1603 | Teknik Analisis Geospasial | 1(0-1) | - | 2 | In-depth Courses |
17 | PWL1691 | Ujian Tesis | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
18 | PWL1692 | Tesis | 6(0-6) | - | 4 | Final Year Project |
19 | PPS1692 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
20 | PPS1691 | Seminar Tesis | 1(0-1) | - | 4 | Final Year Project |
21 | PPS1695 | Publikasi Ilmiah Internasional | 3(0-3) | - | 4 | Final Year Project |
22 | PPS1698 | Publikasi di Prosiding Seminar Internasional | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
23 | PWL1562 | Penataan Ruang dan Dimensi Manusia | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
24 | PWL1501 | Sumberdaya Fisik untuk Perencanaan Wilayah | 2(1-1) | - | 1 | Foundational Literacies |
25 | PWL1561 | Teori dan Proses Perencanaan Wilayah | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
26 | PWL1652 | Sistem Informasi Geografis | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
27 | PWL1653 | Teknik Analisis Informasi Geografis | 1(0-1) | - | 1 | Academic Core Courses |
28 | PWL1602 | Analisis Kuantitatif Spasial | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
29 | PWL1609 | Studio Perencanaan Wilayah | 2(0-2) | - | 3 | Academic Core Courses |
30 | PWL1564 | Ekonomi Intermedier untuk Perencanaan Wilayah | 2(2-0) | - | 1 | Enrichment Program |
31 | PWL1502 | Introduction to Indonesian Tropical Agriculture | 2(2-0) | - | 1 | Enrichment Program |
32 | PWL1592 | Kolokium | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
33 | PWL1591 | Proposal | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
34 | PPS1500xx | Bahasa Inggris | 3(3-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
Capaian Pembelajaran Sikap
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius serta menjadikan nilai-nilai ibadah dan keimanan, keseimbangan hak dan kewajiban, keseimbangan usaha dan keikhlasan, kepasrahan, mawas diri, dan akhlak mulia sebagai landasan dalam bekerja.
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3. Mentaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
4. Menunjukkan keunggulan akademik dengan menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik serta mengembangkan budaya akademik yang jujur, ilmiah, obyektif, inovatif, visioner, mandiri, taat asas, dan manusiawi.
5. Menunjukkan semangat dan kecekatan untuk selalu menjadi pembelajar (agile learner) dalam memajukan IPTEKS mengacu pada perubahan kebutuhan masyarakat yang dinamis.
6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
7. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
8. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
9. Bekerja sama, membangun sinergi, dan jaringan kerja melalui sikap saling menghargai, saling membutuhkan, dan saling mengingatkan untuk kemajuan bersama.
10. Menunjukkan kepekaan sosial dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
Capaian Pembelajaran Pengetahuan
1. Mampu menganalisis teori-teori perencanaan (planning theory) dalam kaitannya dengan beragam teori multidisiplin untuk digunakan dalam proses perencanaan wilayah (theories in planning), meliputi aspek sumberdaya fisik, ekonomi, sosial-kelembagaan serta spasial.
2. Mampu menerapkan teori perencanaan wilayah secara terukur dan sistematis sesuai kaidah keilmuan.
3. Mampu menelaah teori-teori sumberdaya fisik, ekonomi, dan sosial-kelembagaan untuk pengembangan wilayah berkelanjutan.
4. Mampu mengevaluasi potensi sumberdaya fisik, ekonomi, sosial-kelembagaan untuk kajian bidang minat yang ditekuninya.
5. Mampu merekomendasikan kebijakan, strategi dan rancangan program indikatif yang terstruktur baik tekstual maupun spasial untuk perencanaan wilayah
Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum
1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain dan penyusunan konsepsi ilmiah hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan publikasi ilmiah dalam bidang IPTEKS yang ditekuninya, dan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
2. Mampu mengembangkan validasi akademik atau kajian dalam bidang IPTEKS yang ditekuninya untuk menyelesaikan masalah yang relevan di masyarakat dan industri.
3. Mampu mengembangkan dan mendiseminasikan ide dengan argumen saintifik berdasarkan etika akademik kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas melalui berbagai media.
4. Mampu mengidentifikasi dan memposisikan IPTEKS yang ditekuninya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan secara multi- atau inter-disiplin.
5. Mampu menyelesaikan masalah pengembangan IPTEKS yang ditekuninya melalui kajian eksploratif atau eksperimental terhadap data dan/atau informasi yang sahih dan handal dengan menerapkan nilai-nilai humaniora.
6. Mampu mengelola dan mengembangkan jaringan kerja kolegial dengan sejawat di lingkungan internal dan komunitas yang lebih luas.
7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjaminkesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus (KK)
1. Mampu mengembangkan teknik inventarisasi sumberdaya fisik, ekonomi, dan sosial-kelembagaan secara spasial mencakup aktifitas di laboratorium, studio dan lapangan sesuai kaidah keilmuan.
2. Mampu mengintegrasikan hasil inventarisasi sumberdaya fisik, ekonomi, dan sosial-kelembagaan, serta merancang pengelolaan wilayah secara terstruktur, baik melalui pendekatan kuantitatif maupun kualitatif sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.
3. Mampu mengembangkan teknik sintesis bidang minat ilmu perencanaan wilayah yang ditekuninya dengan pendekatan multi-disiplin
Prodi S2 Ilmu Perencanaan Wilayah merupakan salah satu Prodi di Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan yang memiliki mandat: "Pengembangan Ilmu dan Teknologi Tanah dan Lahan dilihat dari segi biofisik dan ruang yang meliputi pencirian, penggolongan, inventarisasi dan proses-proses yang terjadi, serta perencanaan pemanfaatan dan pengelolaan tanah lahan yang berkelanjutan".