Program Studi Doktor
Guna menghadapi tantangan pembangunan dan mengantisipasi dampak masalah gizi terhadap kualitas sumberdaya manusia diperlukan tenaga yang berkompeten dalam mengatasi permasalahan gizi dengan selalu berinovasi dan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak tahun 1994 di IPB telah dikembangkan program Doktor (S3) di bidang gizi yang pertama di Indonesia dengan nama Program Studi S3 Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMK), dan diperkuat oleh SK REKTOR IPB No. 031/K13/PP/2002. Seiring adanya perubahan internal di IPB tahun 2007, program tersebut disempurnakan menjadi Program Studi Gizi Manusia (GMA) berdasarkan SK rektor IPB no 027/K13/PP/2007 yang diampu oleh Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Kemudian pada tahun 2014 menjadi Program Studi S3 Ilmu Gizi sesuai dengan Keputusan Rektor no 177/IT3/DT/2014.
Menjadi lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam bidang gizi di tingkat global dengan fokus gizi dalam siklus kehidupan melalui pendekatan intra, multi dan trans-disiplin untuk pembangunan gizi masyarakat Indonesia yang berkelanjutan.
Misi" MISI: 1. Menyelenggarakan pendidikan program doktor berkualitas di bidang gizi mutakhir di tingkat global. 2. Mengembangkan IPTEKS berbasis ekologi melalui penelitian mutakhir di bidang gizi dengan fokus gizi dalam siklus kehidupan melalui pendekatan intra, multi dan transdisiplin. 3. Menerapkan dan mendayagunakan IPTEKS di bidang gizi untuk mencapai kualitas kehidupan yang sehat, cerdas, produktif dan berkelanjutan. 4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak yang melibatkan unsur akademisi, pemerintah, bisnis, media massa dan masyarakat madani untuk mendukung terwujudnya tridharma perguruan tinggi. "
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | GIZ1711 | Integrasi Metabolisme Gizi | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
2 | GIZ1721 | Gizi Ibu dan Anak | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
3 | GIZ1722 | Gizi Remaja, Dewasa, dan Lansia | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
4 | GIZ1712 | Gizi Vitamin dan Mineral | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
5 | GIZ179A | Ujian Kualifikasi Tertulis | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
6 | GIZ179B | Ujian Kualifikasi Lisan | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
7 | GIZ179C | Kolokium | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
8 | GIZ179D | Proposal Disertasi | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
9 | PPS1791 | Seminar Disertasi | 1(0-1) | - | 3 | Enrichment Program |
10 | PPS1792 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
11 | PPS1793 | Publikasi Ilmiah Internasional | 3(0-3) | - | 3 | Final Year Project |
12 | GIZ179E | Ujian Tertutup | 4(0-4) | - | 4 | Final Year Project |
13 | GIZ179F | Disertasi | 12(0-12) | - | 4 | Final Year Project |
14 | GIZ1713 | Nutrigenomik | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
15 | GIZ1742 | Sistem Ketahanan Pangan dan Gizi | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
16 | GIZ1743 | Analisis Kebijakan Pangan dan Gizi | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
17 | GIZ1714 | Nutrasetikal | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
18 | GIZ1715 | Imunologi Gizi | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
19 | GIZ1723 | Gizi dan Penyakit Tidak Menular | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
20 | GIZ1731 | Gizi dan Keamanan Pangan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
21 | GIZ1744 | Gizi, Kemiskinan, dan Keadilan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
22 | PPS1704 | Filsafat Sains | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
1. Mampu merencanakan, melakukan dan memimpin penelitian yang inovatif di bidang gizi dengan fokus gizi siklus kehidupan. 2. Mampu mengkomunikasikan hasil yang layak baik secara lisan maupun tertulis dalam journal profesi terakreditasi atau peer reviewed journal. 3. Mampu mendiskusikan, mengintrepretasikan, menganalisis dan mengevaluasi isu gizi terkini dan utama serta menggunakannya untuk mengatasi masalah gizi melalui pendekatan inter, multi atau trans disiplin. 4. Mampu secara kreatif dan orisinal mengembangkan pengetahuan dan atau teori baru dan mengintegrasikannya dengan ilmu dan pengetahuan mutakhir di bidang gizi. "
Belum ada data