Program Studi Doktor
Program Magister PS-PSL berdiri pada tahun 1975, sedangkan program Doktor PS–PSL pada tahun 1976. Program Studi ini merupakan salah satu program studi lingkungan Sekolah Pascasarjana yang tertua di Indonesia dengan akreditasi U (unggul) atau A (sangat baik) dari Badan Akreditasi Nasional (BAN)-DIKTI, serta telah meluluskan lebih dari 800 orang Magister Sains (MSi) dan lebih dari 400 orang Doktor (Dr) sampai dengan tahun 2010. Para lulusan PS-PSL tersebut telah banyak berperan secara profesional di berbagai sektor kehidupan masyarakat, baik sebagai akademisi, birokrat, konsultan, LSM dan lain sebagainya.
Menjadi program studi strata 3 (S3) yang terkemuka di kawasan tropika dalam menghasilkan SDM dan mengembangkan ilmu dan teknologi serta seni (IPTEKS) di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development)
Misi"1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pascasarjana strata 3 (S3) di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan secara professional menghasilkan karya inovatif dan teruji 2. Menyelenggarakan dan mempelopori kegiatan penelitian dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta seni pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan secara terintegrasi melalui inter, multi, dan transdisipliner 3. Menjadi “trend setter” pengembangan Program Pendidikan Doktor (S3) PSL Pascasarjana di Indonesia dan kawasan tropika "
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | PPS1704 | Filsafat Sains | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
2 | PSL1709 | Metode Hibrid Pengelolaan dan Valuasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(1-1) | - | 1 | Academic Core Courses |
3 | PSL170A | Pendekatan Sistem dan Pengambilan Keputusan Multikriteria | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
4 | PSL170B | Kebijakan Pengelolaan dan Kelembagaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Berkelanjutan | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
5 | PSL170C | Disain dan Kompleksitas Sains dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(1-1) | - | 2 | Academic Core Courses |
6 | PSL1642 | Penataan Ruang dan Sistem Informasi Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
7 | PSL1741 | Pemodelan dan Rekayasa Sistem Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(1-1) | - | 2 | Academic Core Courses |
8 | PSL1651 | Dinamika Ekosistem dan Sosial Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | Academic Core Courses |
9 | PSL1791 | Ujian Kualifikasi Tertulis | 2(0-2) | - | 2 | Final Year Project |
10 | PSL1792 | Ujian Kualifikasi Lisan | 2(0-2) | PSL791 - Prelim tertulis - 2(0-2) | 3 | Final Year Project |
11 | PSL1793 | Kolokium | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
12 | PSL1794 | Proposal Disertasi | 2(0-2) | PSL1793 - Kolokium - 1(0-1) | 4 | Final Year Project |
13 | PPS1791 | Seminar Disertasi | 1(0-1) | - | 5 | Final Year Project |
14 | PSL1796 | Ujian Tertutup | 3(0-3) | PPS1792 - Publikasi Ilmiah Nasional - 2(0-2) | 6 | Final Year Project |
15 | PSL1796 | Ujian Tertutup | 3(0-3) | PPS1793 - Publikasi Ilmiah Internasional - 3(0-3) | 6 | Final Year Project |
16 | PSL1795 | Disertasi | 12(0-12) | PSL1796 - Ujian Tertutup - 3(0-3) | 6 | Final Year Project |
17 | PPS1792 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 5 | Final Year Project |
18 | PPS1793 | Publikasi Ilmiah Internasional | 3(0-3) | - | 5 | Final Year Project |
19 | PPS1798 | Publikasi di Prosiding Seminar Internasional | 2(0-2) | - | 5 | Final Year Project |
20 | PSL1751 | Ekologi dan Manajemen Jasa lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
21 | PSL1661 | Perubahan Lingkungan Global dan Mitigasi Bencana | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
22 | PSL626 | Manajemen dan Asesmen Eko-toksikologi | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
23 | PSL1671 | Pengelolaan Sumberdaya Lahan dan Air Berkelanjutan | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
24 | PSL1672 | Ekologi Sumberdaya dan Lingkungan Hutan Tropika | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
25 | PSL1673 | Pengelolaan Konflik Sosial dan Ekologi Politik dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
26 | PSL1674 | Analisis Risiko Ekologi | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
27 | PSL1675 | Sistem Administrasi Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
28 | PSL1608 | Pemodelan Spasial Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
29 | PSL1621 | Pencemaran dan Kesehatan Lingkungan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
30 | PSL1625 | Manajemen Risiko Perubahan Iklim dan Bencana | 2(1-1) | - | 2 | In-depth Courses |
31 | PSL1676 | Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Berkelanjutan dalam Pembangunan | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
32 | PSL1677 | Analisis Kuantitatif dan Kualitatif Lingkungan | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
33 | PSL170D | Topik Khusus | 2(2-0) | - | 3 | In-depth Courses |
LO1 : Mampu mendalami dan memperluas, serta menemukan kebaharuan (novelty) dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni di bidang PSDAL dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji dengan menggunakan pendekatan sistem (holistik, terpadu dan multi/trans-disiplin) yang meliputi dimensi ekologi, sosial budaya, ekonomi, kelembagaan, dan teknologi dengan mengikuti perkembangan terkini LO2 : Mampu mengidentifikasi, menjelaskan, merancang/mendisain, dan merumuskan konsep ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni PSDAL secara mandiri dalam pengelolaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian) pembangunan berikut permasalahannya LO3 : Mampu merancang/mendisain, merumuskan dan mengaplikasikan pendekatan sistem secara holistik, terpadu dan multi/transdisiplin dalam pemecahan permasalahan sains, seni dan/atau teknologi PSDAL LO4 : Mampu mencari solusi dan memformulasikan kebijakan dengan menggunakan pendekatan sistem secara holistik, terpadu dan multi/trans-disiplin) dalam pemecahan permasalahan ilmu pengatahuan, teknologi, dan/atau seni PSDAL untuk mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan LO5 : Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni PSDAL dengan pendekatan multi/trans-disiplin yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapatkan pengakuan nasional, regional dan/atau internasional "
Belum ada data