Program Studi Doktor
Kurikulum doktor memiliki beban studi 45 SKS. Perkuliahan disusun untuk mendukung mahasiswa dalam melaksanakan peneltian pada bidang reproduksi dan genetika, atau pada bidang bioproses akuakultur. VISI
menjadi program doktor unggulan berkualitas internasional dalam pengembangan IPTEKS dan sumberdaya manusia dengan kompetensi utama budidaya ikan tropis yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan sebagai fokus kajiannya.
Misi1. Menyelenggarakan program pendidikan doktor yang bermutu tinggi dan berdaya saing global.
2. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul di bidang akuakultur untuk kemajuan bangsa.
3. Mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul di bidang akuakultur untuk kemajuan bangsa. "
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | PPS1704 | Filsafat Sains | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
2 | AKU1702 | Evaluasi Sistem dan Pengelolaan Akuakultur | 3(3-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
3 | AKU1725 | Fisiologi Pertumbuhan Hewan Akuatik | 3(3-0) | - | 2 | Academic Core Courses |
4 | AKU1711 | Evaluasi Produksi dan Bisnis Akuakultur | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
5 | AKU1723 | Fisiologi Reproduksi Avertebrata Akuatik | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
6 | AKU1731 | Fisiologi dan Biokimia Nutrisi Ikan | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
7 | AKU1742 | Probiotik Akuakultur | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
8 | AKU1751 | Sistem Lingkungan Akuakultur | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
9 | AKU1721 | Endokrinologi Hewan Air Lanjutan | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
10 | AKU1722 | Rekayasa Gen Ikan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
11 | AKU1724 | Fisiologi Reproduksi Hewan Air Lanjutan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
12 | AKU1732 | Nutrisi Proses Produksi Ikan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
13 | AKU1741 | Patogenesis Penyakit Ikan | 2(2-0) | - | 1 | In-depth Courses |
14 | AKU1752 | Fisio-Toksikologi Akuakultur | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
15 | AKU1791 | Ujian Kualifikasi Tertulis | 2(2-0) | - | 2 | Final Year Project |
16 | AKU1792 | Kualifikasi Lisan | 2(2-0) | - | 2 | Final Year Project |
17 | AKU1793 | Kolokium | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
18 | PPS1791 | Seminar Disertasi | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
19 | PPS1792 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
20 | PPS1793 | Publikasi Ilmiah Internasional | 3(0-3) | - | 3 | Final Year Project |
21 | PPS1794 | Publikasi Ilmiah Internasional 1 | 3(0-3) | - | 3 | Final Year Project |
22 | PPS1795 | Publikasi Ilmiah Internasional 2 | 3(0-3) | - | 3 | Final Year Project |
23 | PPS1796 | Publikasi Ilmiah Internasional 3 | 3(0-3) | - | 3 | Final Year Project |
24 | PPS1798 | Publikasi di Prosiding Seminar Internasional | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
25 | AKU1795 | Ujian Tertutup | 3(0-3) | - | 4 | Final Year Project |
26 | AKU1796 | Disertasi | 12(0-12) | - | 4 | Final Year Project |
27 | AKU1700 | Topik Khusus | 2(2-0) | - | 3 | Final Year Project |
28 | AKU1794 | Proposal Disertasi | 2(0-2) | - | Mayor |
1. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, memetakan dan mengevaluasi masalah dan fenomena sumber daya sebagai latar belakang untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang akuakultur 2. Mampu merancang alternatif pengembangan dan pemecahan masalah melalui program riset yang komprehensif untuk menghasilkan teknologi baru, orisinal dan kreatif serta mendiseminasikan dalam bentuk seminar dan publikasi ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional. 3. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi interaksi aspek teknis, manajemen, sosio-ekonomi, dan regulasi untuk menciptakan kebaruan sistem produksi yang berkelanjutan dan bisnis akuakultur berkelanjutan. 4. Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasi data, fakta, teori, dan pengalaman di bidang reproduksi dan genetika organisme akuatik untuk menyintesis dan mengembangkan IPTEK baru untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi akuakultur. 5. Mampu secara sistematis menganalisis mekanisme dan pengaturan metabolisme nutrien, serta mengevaluasi jalur dan nasib nutrien dalam metabolisme untuk menghasilkan produk antara dan produk akhir pada organisme akuatik, dan mengembangkannya dalam teknologi pakan akuakultur yang ramah lingkungan. 6. Mampu menganalisis mekanisme terjadinya penyakit dan mengeksplorasi strategi mikrob dalam mengalahkan sistem pertahanan inang, menginfeksi, hidup, dan berproliferasi dalam tubuh ikan hingga menyebabkan penyakit, serta pencegahan dan pengobatannya dengan memerhatikan aspek keamanan pangan dan tanggung jawab terhadap lingkungan. 7. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi kelompok mikrob fungsional, peranan dan mekanisme aksinya sebagai probiotik, serta mengembangkan probiotik untuk kepentingan akuakultur. 8. Mampu secara sistematis dan mekanistis menjelaskan, menganalisis, dan menginterpretasikan serta mengevaluasi peranan fisika-kimia-biologi perairan dan tanah dasar terhadap fisiologi biota akuakultur termasuk ekofisiotoksikologi, serta pengembangan teknologinya dalam rangka mendukung akuakultur yang ramah lingkungan dan berkelanjutan."
Belum ada data