Program Studi Magister
Program Studi Magister Ilmu Kelautan (PS-IKL) merupakan salah program pascasarjana Sekolah Pascasarjana IPB dan Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan-Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB sebagai home base program studi. Program studi ini menyediakan kegiatan perkuliahan, pembimbingan dan serta melakukan pengembangan ilmu-ilmu kelautan (marine sciences). Dalam penyelenggaraan akademik PS-IKL didukung oleh dua divisi utama, yakni Divisi Hidrobiologi dan Divisi Oseanografi serta divisi lain yang ada di IPB untuk membekali ilmu-ilmu dasar dan terapan lainnya yang dibutuhkan. PS Magister IKL resmi diselenggarakan sejak September 1999 berdasarkan SK Rektor IPB 73/K13.12.1/OT/2000 tanggal 27 Mei 2020. Selain dosen tetap yang ada di IPB, PS-IKL juga melibatkan para profesor/ahli peneliti utama yang berasal dari lembaga/institusi/LSM kelautan seperti Pusat Oseanografi LIPI, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Yayasan Keanekaragaman Hayati, Wildlife Conservation Society Indonesia, dan lainnya. Program Magister Ilmu Kelautan bertujuan: 1. Mengkoordinasikan dan menjamin terselenggaranya program pendidikan ilmu kelautan di level pascasarjana. 2. Menghasilkan lulusan pascasarjana berkompeten yang mampu menemukan, menerapkan, mengembangkan, dan memberikan solusi terhadap permasalahan nasional dan global dalam bidang ilmu kelautan. 3. Meningkatkan mutu riset dan aplikasinya dibidang ilmu kelautan baik secara mandiri maupun kerjasama dan kemitraan. 4. Memiliki tenaga pengajar dan tenaga penunjang, serta sarana, dan prasarana yang berkualitas untuk pelayanan pendidikan ilmu kelautan. 5. Memiliki dan mengimplementasikan sistem manajemen profesional yang sesuai dengan standar mutu pendidikan bertaraf internasional.
Program studi unggul bermutu dan bermartabat dalam bidang kelautan tropika berbasis riset untuk mengisi kebutuhan pembangunan maritim dan mengibarkan bendera IPB di kancah regional dan global.
Misi1. Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional dalam bidang kelautan untuk mengisi kebutuhan pembangunan maritim ditingkat regional dan global. 2. Inovasi penelitian dalam pengembangan IPTEK kelautan. 3. Implementasi dan desiminasi hasil-hasil inovasi penelitian pada pengguna.
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | IKL1502 | Analisis Kuantitatif Biofisik Kelautan | 3(2-1) | - | 1 | Foundational Literacies |
2 | IKL1511 | Ekologi Laut | 3(2-1) | - | 1 | Foundational Literacies |
3 | IKL1512 | Biogeografi dan Keragaman Spesies Laut | 3(2-1) | - | 1 | Academic Core Courses |
4 | IKL1521 | Deskripsi Oseanografi | 3(2-1) | - | 1 | Academic Core Courses |
5 | IKL1513 | Biodiversitas Laut | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
6 | IKL1516 | Karakterisasi Morfologi dan Genetik Biota Laut | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
7 | IKL1613 | Ekofisiologi Organisme Laut | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
8 | IKL1522 | Oseanografi Fisik | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
9 | IKL1525 | Oseanografi Kimiawi | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
10 | PPS1691 | Seminar Tesis | 1(0-1) | - | 1 | Enrichment Program |
11 | IKL1601 | Merdeka Belajar 1 | 2(2-0) | - | 1 | Enrichment Program |
12 | IKL1603 | Merdeka Belajar 3 | 3(3-0) | - | 1 | Enrichment Program |
13 | IKL1691 | Kolokium | 1(0-1) | - | 1 | Final Year Project |
14 | IKL1692 | Proposal Tesis | 2(0-2) | - | 1 | Final Year Project |
15 | PPS1695 | Publikasi Ilmiah Internasional | 3(0-3) | - | 1 | Final Year Project |
16 | PPS1692 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 1 | Final Year Project |
17 | PPS1698 | Publikasi di Prosiding Seminar Internasional | 2(0-2) | - | 1 | Final Year Project |
18 | IKL1693 | Ujian Tesis | 2(0-2) | - | 1 | Final Year Project |
19 | IKL1699 | Tesis | 6(0-6) | - | 1 | Final Year Project |
20 | IKL1501 | Metode Penelitian | 3(3-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
21 | IKL1514 | Bioprospeksi dan Remediasi Kelautan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
22 | IKL1515 | Rehabilitasi Ekosistem Laut | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
23 | IKL1611 | Adaptasi dan Mitigasi Ekosistem Laut | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
24 | IKL1612 | Analisis Filogenetik Organisme Laut | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
25 | IKL1523 | Dinamika Pantai dan Estuari | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
26 | IKL1524 | Dinamika Fluida Geofisik Eksperimen | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
27 | IKL1526 | Oseanografi Bio-Geologi | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
28 | IKL1621 | Pemodelan Laut | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
29 | IKL1622 | Metode Analisis Data Kelautan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
30 | IKL1624 | Pencemaran Laut dan Transfer Polutan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
31 | IKL1625 | Oseanografi Perikanan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
32 | IKL1626 | Dinamika Biogeokimia Laut | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
33 | IKL1627 | Analitik dan Instrumentasi Oseanografi Kimiawi | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
1. Mampu merencanakan, melaksanakan dan menganalisis riset untuk pengembangan di bidang ilmu biologi laut, bioprospeksi, biosistematika, ekologi laut dan fisiologi laut 2. Mampu merencanakan, melaksanakan dan menganalisis riset untuk pengembangan di bidang oseanografi fisik, oseanografi kimiawi/biogeokimia dan oseanografi biologi/perikanan, oseanografi geologi, serta pencemaran laut 3. Mampu memecahkan persoalan di bidang ilmu biologi laut, bioprospeksi, biosistematika, ekologi laut dan fisiologi laut dengan cara yang teruji melalui pendekatan inter dan multidisipliner 4. Mampu memecahkan persoalan di bidang oseanografi fisik, oseanografi kimiawi/biogeokimia/ pencemaran, dan oseanografi biologi/perikanan dengan cara yang teruji melalui pendekatan inter dan multidisipliner 5. Mampu merumuskan permasalahan, merancang dan menerapkan metode, melaksanakan riset, mempublikasikannya baik dalam media nasional maupun internasional,serta mendiseminasikan hasil
Belum ada data