Program Studi Magister
"Prodi KMP mempunyai dua peminatan: (1) Ilmu Komunikasi Pembangunan dan (2) Ilmu Komunikasi Penyuluhan. Prodi KMP merespon fenomena baru VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) dengan mengembangkan 16 ketrampilan yang dibutuhkan dunia kerja di abad 21 (World Economic Forum, 2015). IPB mengakomodasi ketrampilan-ketrampilan tersebut dalam Pendidikan IPB 4.0 Ketrampilan-ketrampilan tersebut relevan dan penting untuk dikembangkan dalam prodi KMP baik dalam pengayaan substansi matakuliah ataupun metode pembelajaran serta kegiatan ekstra kurikuler mengingat karakter prodi KMP dan level jenjang KKNI. Lulusan prodi KMP dituntut kemampuan bekerja secara multidisipliner sehingga membutuhkan scientific literacy bidang ilmu komunikasi pembangunan/penyuluhan pembangunan serta bidang ilmu lainnya yang relevan. Dalam memecahkan masalah dan bekerja secara multidisiplin diperlukan kompetensi critical thinking/problem solving, communication dan collaboration dalam suatu team, sehingga diperlukan pengembangan karakter leadership. Sebagai prodi bidang ilmu sosial terapan (pragmatis), lulusan KMP juga diharapkan memiliki ketrampilan menganalisis dan menyelesaikan masalah sosial, sehingga perlu memiliki ketrampilan dalam cultural and civic literacy dan scientific literacy untuk menjelaskan fenomena komunikasi pembangunan dan penyuluhan pembangunan. Prodi komunikasi pembangunan yang didalamnya terdapat peminatan ilmu komunikasi pembangunan ataupun ilmu penyuluhan pembangunan, merupakan disiplin ilmu sosial yang memiliki sifat terapan dengan landasan teoritis (Steimel, 2014; Berger, 2011; Seibold, 2000; Sewell dkk, 2017). Dengan demikian pengajaran pada program studi ini meruapakan kombinasi kemampuan teoritik dan kemampuan memecahkan masalah sosial yang tercermin dalam penyusunan strategi komunikasi pembangunan dan penyuluhan pembangunan."
Menjadi penyelenggara program magister terkemuka dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dengan kompetensi ilmu terapan komunikasi pembangunan yang partisipatif.
Misi"Sehubungan dengan visi program magister yang telah ditetapkan, maka dirumuskan misi KMP di jenjang magister sebagai berikut: 1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu komunikasi pembangunan partisipatif, sesuai dengan perkembangan bidang ilmu komunikasi pembangunan pertanian dan pedesaan; 2. Menyediakan tenaga ahli komunikasi pembangunan yang profesional dalam mendukung kelancaran sistem informasi pembangunan untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan; 3. Mendiseminasikan hasil penelitian melalui forum nasional maupun internasional serta mendorong partisipasi staf pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah; 4. Menyediakan pelayanan profesional bagi masyarakat dalam bidang penelitian pembangunan pertanian pedesaan melalui keilmuan komunikasi pembangunan."
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | PPS1500xx | Bahasa Inggris | 3(3-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
2 | KPM1551 | Metodologi Penelitian Komunikasi dan Penyuluhan Pembangunan | 3(2-1) | - | 2 | Foundational Literacies |
3 | KPM1614 | Komunikasi dan Perubahan Sosial | 3(2-1) | - | 2 | Foundational Literacies |
4 | STA1517 | Statistika untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Perilaku | 3(2-1) | - | 2 | Foundational Literacies |
5 | KPM1510 | Teori-teori Komunikasi Pembangunan | 3(2-1) | - | 1 | Academic Core Courses |
6 | KPM1518 | Teori-teori Penyuluhan Pembangunan | 3(3-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
7 | KPM1516 | Perencanaan dan Evaluasi Media Komunikasi | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
8 | KPM1656 | Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembangunan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
9 | KPM151A | Komunikasi dalam Pengembangan Kelompok | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
10 | KPM1612 | Manajemen Program Komunikasi | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
11 | KPM1654 | Budaya dan Komunikasi | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
12 | KPM1655 | Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
13 | KPM151C | Psikologi Komunikasi | 3(3-0) | - | 1 | In-depth Courses |
14 | KPM1650 | Filsafat dan Teori Pendidikan Orang Dewasa | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
15 | KPM1657 | Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
16 | KPM165A | Kelembagaan Sosial dan Manajemen Kelompok | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
17 | KPM165C | Perencanaan dan Evaluasi Partisipatif Program Penyuluhan | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
18 | KPM165F | Metode dan Teknik Partisipatoris dalam Penyuluhan | 3(2-1) | - | 1 | In-depth Courses |
19 | KPM160D | Seminar (Menghadiri Seminar Program Studi Lain) | 1(0-0) | - | 2 | Enrichment Program |
20 | KPM160A | Proposal Tesis | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
21 | KPM160B | Kolokium | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
22 | PPS1691 | Seminar Tesis | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
23 | PPS1692 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
24 | KPM160E | Ujian Tesis | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
25 | KPM160G | Tesis | 6(0-6) | - | 4 | Final Year Project |
1. Dalam Penguasaan Pengetahuan: Menguasai teori, teori aplikatif, ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni di bidang Ilmu Komunikasi Pembangunan atau Penyuluhan Pembangunan serta praktek profesionalnya melalui riset, menghasilkan karya inovatif yang teruji 2. Dalam Kemampuan Kerja: Mampu mengembangkan IPTEKS tepat guna dalam bidang Komunikasi Pembangunan atau Penyuluhan Pembangunan melalui riset inter/multidisiplin inovasi yang teruji secara ilmiah untuk memecahkan permasalahan sains, teknologi dan atau seni melalui pendekatan inter/multidisiplin. 3. Dalam Riset Ilmiah: Mampu mengelola riset dan mengembangkan gagasan/teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuwan Komunikasi Pembangunan atau Penyuluhan Pembangunan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional. 4. Mampu mensintesakan konsep dan teori untuk solusi permasalahan dan menjawab tantangan pembangunan pada level mikro dan meso serta merumuskan strategi mengelola penyelenggaraan program Komunikasi Pembangunan atau Penyuluhan Pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan berkeadilan. "
Belum ada data