Program Studi Magister
Program Studi (PS) Sosiologi Pedesaan (SPD) Aras Magister Sains (S2) Sekolah Pascasarjana (SPS) untuk selanjutnya disingkat sebagai PS SPD S2 di Institut Pertanian Bogor (IPB) didirikan pada Tahun 1974 bersamaan dengan kehadiran awal pendidikan pascasarjana di IPB, bahkan di Indonesia. Nomor Surat Keputusan (SK) Pendiriannya bernomor 584/DIKTI/Kep/1993, dengan SK penyelenggara PS SPD S2 mulai Oktober 1993 dengan SK Nomor 584/DIKTI/Kep/1993 dan Statue Akreditasi A. Pengelolaan PS ini dibawah Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian hingga Februari 2006. Berdasarkan SK Rektor IPB Nomor 037K13-OT/ 2006, PS SPD S2 dikelola dengan Home Base Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi (Departemen SKPM). Departemen yang diamanahi oleh IPB sebagai departemen yang mengampu seluruh ilmu-ilmu sosial dalam kerangka pengembangan pertanian dan pedesaan dengan SK Rektor bernomor 112/KI3/OT/2005 Tentang Pembentukan dan Penetapan Fakultas dan Masing-Masing Departemen di Lingkungan Institut Pertanian Bogor. PS SPD S2 terakreditasi UNGGUL pada periode Tahun 2000. dengan SK Nomor 00113/Ak-I-25/IPBSSP/IX/2000. Kemudian, dalam re akreditasi selalu mendapat status terakreditasi dengan Peringkat “A” atau Sangat baik dari BAN-PT. Pada Tahun 2012, PS S2 SPD Terakreditasi A oleh dengan SPM: 001195 11/05/2012 untuk periode 11 Mei 2012 - 11 Mei 2017. Demikian juga, Terakreditasi A yang disebut dalam SPM: 00371724/10/2017 untuk periode 24 Oktober 2017 - 19 April 2022, Terakreditasi A yang disebut dalam Keputusan BAN PT Nomor: 3399/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/V/2022 untuk periode 24 Oktober 19 April 2022-19 April 2027.
Menjadi Program Studi unggul dan menjadi rujukan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi riset-ilmiah di bidang Sosiologi Pedesaan di Asia-Tenggara pada tahun 2035.
Misi"1. Menyelengarakan pendidikan di bidang ilmu sosiologi pedesaan dengan perhatian utama pada: proses-proses transformasi sosial di masyarakat desa dan perdesaan dengan memperhitungkan perkembangan ekosistem digital, pengembangan masyarakat, dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkeadilan dan berkelanjutan. 2. Melaksanakan penelitian di bidang ilmu sosiologi pedesaan dengan topik utama pertanian tropika dalam arti luas di kawasan daratan, pesisir dan lautan dengan memperhitungkan perkembangan ekosistem digital, pengembangan masyarakat, dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkeadilan dan berkelanjutan. 3. Melaksanakan kolaborasi riset dengan pendekatan beragam disiplin ilmu melalui pendekatan inter atau multidisiplin untuk menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat desa dan perdesaan berbasis riset. "
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | KPM1633 | Teori-Teori Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat | 3(3-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
2 | PPS1500xx | Bahasa Inggris | 3(3-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
3 | KPM153C | Metodologi Penelitian Sosiologi Pedesaan | 3(3-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
4 | KPM150H | Metode Kuantitatif Untuk Ilmu Sosial | 2(2-0) | - | 1 | Foundational Literacies |
5 | KPM150I | Komunitas, Desa, Gender, dan Inklusi Sosial | 3(3-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
6 | KPM1563 | Kependudukan dan Ekologi Manusia | 3(2-1) | - | 1 | Academic Core Courses |
7 | KPM153D | Sains, Teknologi, dan Perubahan Sosial | 2(2-0) | - | 1 | Academic Core Courses |
8 | KPM153E | Sosiologi Digital | 3(3-0) | - | 2 | In-depth Courses |
9 | KPM153F | Data Presisi, Ekonomi-Politik, dan Kebudayaa Digital | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
10 | KPM153G | Analisis dan Solusi Masalah Sosial Teknologi Digital | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
11 | KPM1531 | Sosiologi Ekonomi Pedesaan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
12 | KPM1572 | Analisis dan Kebijakan Sosial | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
13 | KPM1573 | Tata Kelola Pengembangan Masyarakat | 3(2-1) | - | 2 | In-depth Courses |
14 | KPM1575 | Relasi Komunitas Perdesaan dan Perkotaan | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
15 | KPM1560 | Ekologi Politik | 3(3-0) | - | 2 | In-depth Courses |
16 | KPM1564 | Transformasi dan Gerakan Agraria-Lingkungan | 3(3-0) | - | 2 | In-depth Courses |
17 | KPM1565 | Tata Kelola Agraria-Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan | 3(3-0) | - | 2 | In-depth Courses |
18 | KPM160B | Kolokium | 1(0-1) | - | 3 | Final Year Project |
19 | KPM160A | Proposal Tesis | 2(0-2) | - | 3 | Final Year Project |
20 | PPS1691 | Seminar Tesis | 1(0-1) | - | 4 | Final Year Project |
21 | KPM160E | Ujian Tesis | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
22 | KPM160G | Tesis | 6(0-6) | - | 4 | Final Year Project |
23 | PPS1692 | Publikasi Ilmiah Nasional | 2(0-2) | - | 4 | Final Year Project |
24 | KPM1574 | Sosiologi Komunitas Digital | 2(2-0) | - | 2 | In-depth Courses |
1. Menguasai (berkompeten terhadap) konsep-konsep dan teori-teori aras tengah sosiologi yang berkaitan dengan studi desa dan perdesaan khususnya dalam sosiologi digital, pengembangan masyarakat, serta studi agraria dan ekologi politik yang terkait dengan kebutuhan masyarakat serta melakukan analisis kritis terhadap transformasi sosial masyarakat menuju tatanan kehidupan masyarakat industri 4.0 yang berkelanjutan, berkeadilan, dan beradab. 2. Melakukan analisis sosial masyarakat desa dan perdesaan dengan menggunakan metode penelitian berdasarkan teori-teori dan konsep-konsep sosiologi digital, pengembangan masyarakat, serta studi agraria dan ekologi politik. Dengan kemampuan untuk: i. Merancang dan melakukan riset kualitatif dan atau kuantitatif tentang desa dan perdesaan dengan menerapkan teori-teori dan konsep-konsep baru di bidang ilmu sosiologi digital atau pengembangan masyarakat atau studi agraria dan ekologi politik; ii. Merancang dan mengelola proses-proses pengambilan keputusan secara partisipatif yang didasarkan pada penguasaan konsep dan teori sosiologi guna mengawal proses transformasi sosial masyarakat desa dan perdesaan ke arah yang lebih berkelanjutan, berkeadilan dan beradab; iii. Menganalisis permasalahan dan dinamika masyarakat desa dan perdesaan yang tajam, akurat, kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dalam lingkup mikro (keluarga, kelompok masyarakat kecil), meso (kesatuan masyarakat adat, kesatuan masyarakat lokal, dan entitas sosial lainnya), dan aras makro (negara, pasar, masyarakat sipil, lingkungan global); iv. Bertanggung jawab atas hasil kerja mandiri maupun kelompok, dan berpihak atas kepentingan bangsa, dan memiliki sikap terbuka, jujur, adil, dan demokratis, serta mampu menggalang kerjasama dengan pemangku kepentingan. 3. Ahli sosiologi yang berkaitan dengan masyarakat desa dan perdesaan dalam keahlian sosiologi digital, pengembangan masyarakat, serta studi agraria dan ekologi politik yang mampu bekerja sama dengan berbagai disiplin ilmu dan melakukan analisis kritis, serta menyelesaikan permasalahan dinamika masyarakat untuk mengawal proses transformasi sosial. "
Belum ada data