Program Studi Sarjana
Department of Forest Resources Conservation and Ecotourism (DFRCE) merupakan satu dari empat departemen yang ada di Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mengemban tugas menyelenggarakan pendidikan jenjang sarjana (S1) dan pascasarjana (S2 dan S3), penelitian dan pengabdian masyarakat dalam IPTEKS dan sumberdaya manusia bidang konservasi sumberdaya hutan dan lingkungan tropika, termasuk ekowisata.
DFRCE merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di Indonesia yang diberi mandat oleh Departemen Pendidikan Nasional melalui IPB untuk menjawab tantangan bidang IPTEKS dan SDM unggul untuk mengelola sumberdaya alam hayati dan lingkungan secara berkelanjutan. Pada perkembangannya, kurikulum DFRCE ini diadopsi menjadi kurikulum nasional di bidang konservasi keanekaragaman hayati oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1994.
Dengan adanya perubahan status IPB BHMN Jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan berubah menjadi Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (DKSHE). Sedangkan untuk Program Pasca Sarjana, DKSHE mengampu tiga program mayor, yaitu Program Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT) S2 dan S3, Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJL) , S2 dan S3, dan Program Magister Profesi Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH). Sesuai mandat DFRCE, bidang kelimuan yang dikembangkan meliputi : Ekologi dan Manajemen Satwaliar, KOnservasi Keanekaragaman Tumbuhan, Manajemen Kawasan Konservasi, Rekreasi Alam dan Ekowisata, serta Hutan Kota dan Jasa Lingkungan.
Sebagai pusat pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) dan sumberdaya manusia (SDM) di bidang konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup.
Misi1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik berbasis penelitian di bidang konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian berorientasi pada pengembangan IPTEKS dan pemecahan masalah di bidang konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup sehingga mampu menjawab tantangan dan permasalahan nyata dan tuntutan kebutuhan masyarakat atau pengguna.
3. Memfasilitasi penerapan IPTEKS di bidang konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup bagi masyarakat secara berkelanjutan, termasuk diantaranya pengembangan ekowisata.
4. Mewujudkan Program Studi Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE) sebagai trend setter dalam pengembangan konservasi keanekaragaman hayati tropika dan lingkungan hidup bagi masyarakat profesi yang berkecimpung dalam dunia ilmu pengetahuan, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat maupun pemerintahan.
No | Mata Kuliah | SKS | Prasyarat | Semester | Kategori Mata Kuliah | |
---|---|---|---|---|---|---|
Kode | Nama | |||||
1 | KSH1101 | Konservasi Sumberdaya Hayati dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
2 | KSH1211 | Ekologi Satwa Liar | 3(2-1) | - | 3 | Foundational Literacies |
3 | KSH1212 | Analisis Data Konservasi Biodiversitas | 3(2-1) | - | 3 | Foundational Literacies |
4 | KSH1226 | Kebijakan Konservasi dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
5 | SVK1211 | Dendrologi | 3(2-1) | - | 3 | Foundational Literacies |
6 | KSH1251 | Rekreasi Alam dan Ekowisata | 2(2-0) | - | 3 | Academic Core Courses |
7 | KSH1231 | Konservasi Tumbuhan Tropika | 2(2-0) | - | 3 | In-depth Courses |
8 | KSH1243 | Pemetaan, SIG dan UAV Lingkungan | 3(2-1) | - | 3 | Academic Core Courses |
9 | MNH1101 | Ilmu Kehutanan dan Etika Lingkungan | 2(2-0) | - | 3 | Interdepartemen |
10 | SVK1212 | Ekologi Hutan | 3(2-1) | - | 4 | Foundational Literacies |
11 | SVK1225 | Silvikultur | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
12 | KSH1222 | Komunikasi dan Sosial Sains Konservasi | 2(1-1) | - | 4 | In-depth Courses |
13 | KSH1252 | Pendidikan Konservasi | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
14 | KSH1213 | Inventarisasi dan Pemantauan Hidupanliar | 3(2-1) | - | 4 | Academic Core Courses |
15 | FHT1200 | Praktik Lapang Kehutanan | 3(0-3) | - | 4 | Final Year Project |
16 | KSH1342 | Analisis Spasial Lingkungan | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
17 | KSH1332 | Etnobiologi dan Bioprospeksi Tumbuhan | 2(2-0) | - | 5 | Academic Core Courses |
18 | KSH1302 | Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah | 2(1-1) | - | 5 | Academic Core Courses |
19 | KSH1343 | Pencemaran dan Pengendalian Dampak Lingkungan | 3(2-1) | - | 5 | In-depth Courses |
20 | KSH1312 | Perilaku Satwaliar | 2(2-0) | - | 5 | In-depth Courses |
21 | KSH1354 | Interpretasi Alam dan Lingkungan | 2(2-0) | - | 5 | In-depth Courses |
22 | KSH1344 | Jasa Lingkungan | 2(2-0) | - | 5 | In-depth Courses |
23 | KSH1322 | Kawasan Konservasi dan Ekosistem Esensial | 2(2-0) | - | 5 | In-depth Courses |
24 | KSH1315 | Konservasi Eksitu dan Penangkaran Satwaliar | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
25 | KSH1333 | Tumbuhan Obat dan Pangan Hutan | 3(2-1) | - | 6 | In-depth Courses |
26 | KSH1303 | Instrumen Pengelolaan Lingkungan | 2(2-0) | - | 6 | In-depth Courses |
27 | KSH1324 | Perencanaan Kawasan Konservasi | 3(2-1) | - | 6 | Foundational Literacies |
28 | KSH1316 | Pengelolaan Satwa Liar | 2(2-0) | - | 6 | Academic Core Courses |
29 | KSH1345 | Konservasi Hutan Kota | 2(1-1) | - | 6 | In-depth Courses |
30 | KSH1325 | Bisnis Konservasi | 2(2-0) | - | 6 | In-depth Courses |
31 | KSH1404 | Praktek Pengelolaan Hidupanliar | 3(0-3) | - | 7 | Final Year Project |
32 | KSH1405 | Praktek Pengelolaan Kawasan Konservasi, Ekowisata dan Jasa Lingkungan | 3(0-3) | - | 7 | Final Year Project |
33 | KSH1406 | Kolokium | 1(0-1) | - | 7 | Final Year Project |
34 | IPB303 | Pengembangan Profesi | 3(0-3) | - | 7 | Enrichment Program |
35 | KSH1408 | Seminar | 1(0-1) | - | 8 | Final Year Project |
36 | KSH1409 | Tugas Akhir Skripsi/Non Skripsi | 6(0-6) | - | 8 | Final Year Project |
37 | STA1111 | Statistika dan Analisis Data | 3(3-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
38 | KOM1102 | Berpikir Komputasional | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
39 | KPM1131 | Sosiologi | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
40 | KIM1104 | Kimia Sains dan Teknologi | 3(2-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
41 | FIS1104 | Fisika Sains Teknologi | 3(2-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
42 | IPB110F | Bahasa Inggris | 2(1-1) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
43 | IPB110G | Olahraga/Seni | 1(0-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
44 | MAT1102 | Matematika dan Berpikir Logis | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
45 | IPB110C | Pertanian Inovatif | 2(2-0) | - | 2 | PPKU/Common Core Courses |
46 | EKO1101 | Ekonomi | 2(2-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
47 | BIO1102 | Biologi Dasar | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
48 | IPB1106 | Bahasa Indonesia | 2(1-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
49 | IPB110E | Pendidikan Kewarganegaraan | 1(1-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
50 | IPB110D | Pendidikan Pancasila | 1(1-0) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
51 | IPB110A | Agama Islam | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
52 | IPB1101 | Agama Kristen | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
53 | IPB1102 | Agama Katolik | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
54 | IPB1103 | Agama Hindu | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
55 | IPB110H | Kepercayaan | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
56 | IPB110B | Agama Khonghucu | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
57 | IPB1104 | Agama Buddha | 3(2-1) | - | 1 | PPKU/Common Core Courses |
58 | IPB1400 | Kuliah Kerja Nyata Tematik | 4(1-3) | - | 6 | Final Year Project |
59 | IPB130C | Magang Profesi | 10(0-10) | - | 7 | Enrichment Program |
1. Memiliki kemampuan memahami konsep teoritis konservasi hutan, keanekaragaman hayati, ekowisata dan jasa lingkungan.
2. Memiliki kemampuan mengedukasi masyarakat luas tentang pentingnya konservasi hutan, keanekaragaman hayati, ekowisata dan jasa lingkungan.
3. Memiliki kemampuan menjabarkan dan mengimplementasikan kebijakan dan peraturan perundang-undangan dalam bidang Manajemen Ekosistem, Manajemen Satwa Liar, Manajemen Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan, Analisis Lingkungan dan Geospasial, serta Manajemen Jasa Ekosistem- Lingkungan, Rekreasi Alam dan Ekowisata.
4. Memiliki kemampuan mengadopsi kearifan tradisional masyarakat untuk mengembangkannya di bidang Manajemen Ekosistem, Manajemen Satwa Liar, Manajemen Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan, Analisis Lingkungan dan Geospasial, serta Manajemen Jasa Ekosistem- Lingkungan, Rekreasi Alam dan Ekowisata
5. Memiliki kemampuan merencanakan manajemen kawasan, yaitu meliputi bidang: Manajemen Ekosistem, Manajemen Satwa Liar, Manajemen Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan, Analisis Lingkungan dan Geospasial, serta Manajemen Jasa Ekosistem-Lingkungan, Rekreasi Alam dan Ekowisata
6. Memiliki kemampuan manajemen pemanfaatan berkelanjutan dalam bidang Manajemen Ekosistem, Manajemen Satwa Liar, Manajemen Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan, Analisis Lingkungan dan Geospasial, serta Manajemen Jasa Ekosistem-Lingkungan, Rekreasi Alam dan Ekowisata
7. Memiliki kemampuan preservasi sumberdaya genetik dan plasma nutfah secara in situ
8. Memiliki kemampuan mengembangkan sumberdaya genetik dan plasma nutfah dalam bidang Manajemen Satwa Liar dan Manajemen Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan
9. Memiliki kemampuan memobilisasi sumberdaya dalam manajemen Kawasan Konservasi, Satwa Liar, Bioprospeksi dan Konservasi Biodiversitas Tumbuhan, Jasa Ekosistem-Lingkungan; Rekreasi Alam & Ekowisata
10.Memiliki kemampuan menerapkan pendekatan interdisipliner dalam bidang Manajemen Ekosistem, Manajemen Satwa Liar, Manajemen Bioprospeksi dan Konservasi Tumbuhan, Analisis Lingkungan dan Geospasial, serta Manajemen Jasa Ekosistem-Lingkungan, Rekreasi Alam dan Ekowisata
11.Memiliki kemampuan untuk menyampaikan pemikiran dalam bentuk tulisan ilmiah dan komunikasi oral secara baik
Pengembangan ilmu dan teknologi dalam konservasi sumberdaya hutan dan ekowisata yang meliputi perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati, ekowisata dan jasa lingkungan.